Tuntut Kepsek Mundur, Ratusan Siswa SMAN 3 Rambah Gelar Aksi Mogok Belajar

22 Jan 2020, 10:17:10 WIB

By Ari Fijri

Tuntut Kepsek Mundur, Ratusan Siswa SMAN 3 Rambah Gelar Aksi Mogok Belajar
Begini aksi mogok ratusan pelajar SMAN 3 Rambah, Rohul yang menuntut Kepsek Kenedi mundur dari jabatannya.

PASIR PENGARAIAN - Ratusan pelajar SMA Negeri 3 Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai kelas X hingga XII, Selasa (21/1/2020) pagi, gelar aksi mogok belajar di halaman sekolah.

Sejumlah pelajar sambil membentangkan spanduk dan foster dari kardus bekas, berisi tulisan mendesak kepala sekolah (Kepsek) agar mundur dari jabatannya atau pindah.

Salah seorang pelajar yang ikut aksi mogok Ester Veronica Simatupang siswi kelas XII SMA Negeri 3 Rambah mengatakan, Kepsek Kanedi yang menjabat hampir dua tahun belakangan dinilai alpa dan lalai terhadap kegiatan sekolah.

"Kami menilai, Kanedi sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Rambah lalai dalam menjalankan tugas. Sejak beliau memimpin, tidak ada perhatian yang diberikan sedikitpun terhadap sekolah kami," katanya.

Kepsek hampir tidak pernah hadir dalam berbagai kegiatan sekolah baik kegiatan siswa maupun kegiatan guru. Bahkan dalam sebulan, Kanedi sebagai kepsek disebut-sebut hampir tidak pernah hadir di sekolah.

Lalu merujuk pada rekap absen fingerprint di sekolah, tercatat sepanjang November 2019 Kanedi tercatat tidak pernah hadir sekalipun di sekolah yang dipimpinnya

"Kami minta agar Pak Kanedi sebagai Kepsek dan Dinas Pendidikan Riau segera mencarikan kepsek baru yang lebih layak dan perhatian," kata para pelajar dalam aksi mereka.

Dari informasi dihimpun di SMAN 3 Rambah, Kenedi sebagai Kepsek menjalankan sekolah dengan peraturan yang dianggap tidak masuk akal.

Baca Juga :

Bahkan para pelajar mengaku, sejak kepemimpinan Kenedi, SMA Negeri 3 Rambah sudah menonaktifkan tiga wakil kepala sekolah sebelumnya dan mengangkat satu wakil kepala sekolah dengan alasan kebutuhan Dapodik.

Sikapi mogok belajar ratusan pelajar SMAN 3 Rambah, Wakil Kepala Sekolah Siti Dualom mengatakan, hal tersebut merupakan aspirasi para siswa tentang kepala sekolah.

Menurut Siti, hal-hal yang diutarakan pelajar tentang kepseknya tidak tepat. Sebab kata Siti, Kepsek SMAN 3 Rambah Kanedi sejak awal 2020 rajin hadir di sekolah.

"Sebelumnya iya, tapi saya tidak tahu. Karena saya masuk ke sekolah baru. Sejak awal saya masuk disini Kepsek hadir kok," katanya.

Siti juga membenarkan, jika dirinya diangkat menggantikan tiga wakil kepala sekolah sebelumnya yang diberhentikan secara sepihak oleh Kepsek Kanedi. Jika pengangkatan dirinya tersebut belum sepenuhnya resmi. Hal ini dikarenakan belum adanya Surat Keputusan oleh Kepala Sekolah Kenedi atas penunjukannya tersebut.

Siti membantah jika Kepsek Kenedi tidak hadir di sekolah karena urusan pribadi. Dia menerangkan, bahwa kesek Kanedi tengah sibuk memperjuangkan pembangunan SMA 3 Rambah yang saat ini masih menumpang di kantor Pemkab Rokan Hulu lama di KM 6 Rambah. (Fjr)

 

Rekomendasi Untuk Anda