Tanggap Pencegahan Covid-19 (Corona), Kepala Desa Batas T. Musrial, S. P Ikut Memantau di Pos

20 Apr 2020, 14:12:52 WIB

By Gerot

Tanggap Pencegahan Covid-19 (Corona), Kepala Desa Batas T. Musrial, S. P Ikut Memantau di Pos
Tim Medis memeriksa masyarakat yang datang di dampingi oleh Kades Desa Batas T. Musrial dan Aparat Kepolisian (Babhinkamtibmas).

Tambusai - Sesuai dengan intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mendorong Pemerintah Desa membangun Pos jaga di setiap gerbang masuk desa sebagai upaya penanganan dan pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Desa Batas, Kecamatan Tambusai, Kab. Rokan Hulu (Rohul), telah membangun 2 (Dua) Posko Relawan Desa Lawan Covid-19.

Hal itu berdasarkan sesuai petunjuk Mendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa dan Surat Edaran (SE) Bupati Rohul H. Sukiman serta diperkuat dengan SE Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul Nomor: 140/DPMPD-UM/2020/79 tentang Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Virus Corona.

Tujuan dibangunnya Posko Relawan Desa Lawan Covid-19, Dikatakan T. Musrial, sebagai bentuk  kepedulian Pemerintah Desa Batas ikut andil dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dari Posko yang telah dibangun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang masuk ke Desa Batas.

“Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 yang kita bangun ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar setiap orang yang akan masuk ke Desa Batas  wajib dilakukan penyemprotan dan cuci tangan, hingga dianggap bersih atau steril. Begitu juga dengan petugas yang memeriksa telah dilengkapi dengan APD dan Masker,” kata Kades Batas Kecamatan Tambusai ini.

Lanjut T. Musrial mengatakan, Setiap Posko diisi oleh Tim Gabungan dan terpadu, yang terdiri dari Tim Medis, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Aparatur Desa. Setiap orang dan kendaraan yang melintasi atau masuk ke Desa Batas akan dilakukan pemeriksaan serta diwajibkan mencuci tangan pakai sabun dan masker.

“Dengan upaya ini, pentingnya gerakan masif yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri, rumah tangga lingkungan dan desa guna menekan bahkan melawan penyebaran Covid-19 ini yang sangat cepat dan masif,” ujarnya.

“Tidak hanya masyarakat yang melintas, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah warga, sekolah, fasilitas umum dan pasar, diharapkan dari upaya yang telah dilakukan dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini,” tambah T. Musrial.

T. Musrial juga menghimbau kepada masyarakat Desa Batas tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran virus Corona dan ikuti anjuran dan himbauan Pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan membiasakan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga :

Rekomendasi Untuk Anda