Tahapan Pemilu 2024, Bupati Rohul : Pesta Demokrasi Diaharapkan Berjalan Lancar

28 Jun 2022, 07:57:29 WIB

By Paw

Tahapan Pemilu 2024, Bupati Rohul : Pesta Demokrasi Diaharapkan Berjalan Lancar
Tahapan Pemilu 2024, Bupati Rohul : Pesta Demokrasi Diaharapkan Berjalan Lancar

RohulToday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi membuka Peluncuran Tahapan Penyelenggaran Pemilu 2024, Selasa 14 Juli 2022. 

Peluncuran tahapan Pemilu 2024 tersebut ditandai dengan menekan sirine bersama seluruh komisioner KPU dengan didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 ini juga diikuti Pemkab Rohul, Komisioner KPU-Bawaslu Rohul dan Partai Politik peserta Pemilu secara virtual. 

Tampak dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman dan Wabup Rohul H. Indra Gunawan, Forkopimda, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos dan OPD, Komisioner KPU dan Bawaslu Rohul serta Partai Politik peserta Pemilu.

Ketua KPU RI Hasyim memastikan jalannya pesta demokrasi 2024 akan terus dievaluasi. Bahkan, dia menyadari, KPU masih memiliki kelemahan dan kesalahan. Oleh karena itu, dengan dimulainya tahapan Pemilu 2024 ini, dia meminta semua pihak bersama-sama mendoakan agar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut bisa berjalan lancar.

“Maka sebelum kita bersama-sama memulai tahapan Pemilu ada baiknya kita beristighfar kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya memudahkan langkah-langkah kita dan juga kita berserah diri setelah ikhtiar dengan kuat dengan mohon doa,” katanya.

"Pada malam hari ini, tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Dan menurut mandat Konstitusi, dan mandat undang-undang, pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan pemilu tahun 2024," katanya

Usai mengikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Bupati Rohul H. Sukiman berharap Pemilu serentak 2024 yang merupakan pesta demokrasi Kabupaten Rokan Hulu berjalan aman, lancar dan kondusif.

Baca Juga :

“Yang paling penting adalah bagaimana menciptakan suasana Pemilu yang damai dan aman. Pesta Demokrasi lima tahunan ini di negara Demokrasi diberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih pemimpinnya secara langsung, umum, bebas dan jurdil,” harap Bupati.

Terkait dukungan Pemkab untuk anggaran Pemilu, Bupati Sukiman mengaku Pemkab Rohul mendukung penganggaran kegiatan Pemilu serentak 2024 di Negeri Seribu Suluk sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Sementara itu, Ketua KPU Rohul Elfendri mengatakan 20 Bulan sebelum hari pencoblosan sesuai amanat undang-undang sudah dimulai tahapan Pemilu 2024. Ditandai dengan launching tahapan Pemilu serentak 2024 oleh KPU RI.

“Harapan kita tentunya Pemilu serentak ini dapat berjalan dengan baik tertib dan lancar. Yang menjadi peserta pemilu dari Partai politik diharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2024 baik sebagai pemilih maupun sebagai Pengawas partisipatif,” katanya

Lebih lanjut Ketua KPU Rohul mengatakan, tahapan Pemilu dalam dalam dekat akan melaksanakan pendaftaran Partai Politik yang dilakukan mulai dari pusat dilakukan verifikasi oleh tim faktual. (Adv/Rht/ Pemkab Rohul)

Rekomendasi Untuk Anda