Sempat Menghilang, Kabut Asap Tebal Kembali Selimuti Rohul

11 Sep 2015, 15:19:50 WIB

By Mawardi Surbakti

Sempat Menghilang, Kabut Asap Tebal Kembali Selimuti Rohul
Kondisi Kabut Asap di Kota Pasir Pengaraian

Rohultoday.com- Meski sempat menghilang beberapa hari, karena hujan lebat yang mengguyur sejumlah daerah di kabupaten Rohul. Kabut asap, Jumat (11/9/2015) kembali muncul di Kabupaten Rokan Hulu.

 

Akibat kabut Asap ini, Jarang pandang yang sebelumnya normal, Hari ini berkurang menjadi radius 1 KM saja. Kondisi Kabut asap ini hampir merata terjadi di 16 kecamatan.

 

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul Aceng Herdiana di Pasir Pengaraian mengatakan, Kabut Asap yang menyelimuti hampir diseluruh wilayah Kabupaten Rohul merupakan Asap yang berasal dari Pembakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Kabupaten dan Provinsi Tetangga, pasalnya, di rohul sendiri terpantau hingga hari ini tidak terdapat titik Api.

 

Baca Juga :

"Saat ini titik Api nihil, bisa dipastikan Kabut Asap ini merupakan Kabut Asap Kiriman Dari Kabupaten dan Provinsi Tetangga seperti Nangroe Aceh Darusalam, Jambi, Sumsel, dan Rohul," terang Aceng.

 

Munculnya kembali Kabut Asap di sejumlah Kecamatan Di rohul ini, dikeluhkan warga. Salah seorang warga pasirpengaraian Yusri, mengaku tidk habis pikir dengan kembalinya kabut asap ini.  Dia mengaku, bahwa dirinya  saat ini masih merasakan sakit tenggorokan akibat dampak kabut asap beberapa hari lalu. Namun yusri kawatir, sakit tenggorokanya  akan bertambah parah karena Kabut asap yang sebelumnya sempat hilang kembali muncul.

 

"Tenggorokan masih sakit karena kabut asap yang lalu, eh sudah hampir sembuh, ini Kabut Asapnya datang lagi," keluh Yusri.

 

Yusri mengutuk keras terhadap tindakan oknum-oknum yang sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan yang rela mengorbankan Hak orang banyak untuk mendapatkan Keuntungan. Dia meminta kepada pemerintah dan aparat penegak hukum untuk dapat  menindak tegas oknum-oknum yang sengaja membakar lahan dan hutan sehingga memberikan efek jera

 

"Jangan pandang bulu tindak tegas siapa saja yang membakar hutan, biar tidak ada lagi yang dirugikan karena tindakan oknum-oknum pembakar hutan dan lahan tersebut," harapnya.

seperti yang diketahui, kabut asap di Rokan Hulu, sempat hilang seiring dengan turunya Hujan. Karena sudah berangsur Normal, Sekolah yang sebelumnya diliburkan kembali beraktivitas seperti biasa. Dengan kembalinya kabut asap ini, tidak menutup kemungkinan aktivitas sekolah akan kembali di liburkan.***[Ari]

Rekomendasi Untuk Anda