Selangkah Lagi, Rokania Menuju Universitas

16 Jul 2020, 05:45:39 WIB

By Gunawan

Selangkah Lagi, Rokania Menuju Universitas
Gedung Rektorat Rokania

PASIR PENGARAIAN - STKIP Rokania terus berbenah untuk perubahan status menjadi Universitas. Menurut Ketua STKIP Rokania Dr. Desmelati, M.Sc., persiapan usulan perubahan bentuk sudah cukup matang.

“Terkait usaha perubahan bentuk STKIP Rokania menjadi universitas, saat ini kami terus mengupayakan semaksimal mungkin. Sudah beberapa bulan terakhir ini, kami terus melakukan pembenahan terutama yang terkait dengan sarana dan prasarana, misalnya pengadaan laboratorium, ruangan dosen, ruangan perkuliahan serta sarana penunjang lainnya”, tambahnya.

Menurutnya, untuk berubah bentuk menjadi universitas, STKIP Rokania mengusulkan dua program studi baru jenjang sarjana (S1). "Ya benar bahwa kita sekarang sedang dalam pengurusan menuju Universitas. Syarat untuk membuka prodi minimal harus ada lima dosen yang sesuai dengan jurusan atau prodi yang akan kita buka. Maka saat ini STKIP Rokania membuka peluang dosen bagi alumni S2 yang linear sampai dengan 25 Juli 2020 mendatang", katanya.

Sesuai dengan peraturan Dirjend Perguruan Tinggi, untuk mengubah status Sekolah Tinggi menjadi Universitas harus memiliki setidaknya lima Program Studi (Prodi). Sementara itu, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania saat ini baru memiliki empat prodi.

"Sesuai dengan peraturan Dirjend Perguruan Tinggi untuk merubah Sekolah Tinggi ke Universitas harus ada 5 prodi untuk sekarang kita sudah ada 4 prodi, jadi untuk menuju Universitas kita akan mempersiapkan 2 prodi lagi lah". tutur Desmelati.

"Dengan adanya Universitas Rokania nantinya tentu akan menambahkan lagi jumlah Universitas yang ada di Rokan Hulu khususnya, sehingga akan menumbuh kembangkan dan meningkat kan SDM Rokan Hulu. Harapan kita siswa lulusan SMA sederajat di Rokan Hulu melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan kita inginkan peningkatan yang signifikan hingga mencapai 65 persen dari setiap tahunnya. Dan kita tentu sangat mengharapkan dorongan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mewujudkan Rokan Hulu kota pendidikan", tambah Dr.Desmelati.

Di tempat yang berbeda, Waka I STKIP Rokania, Adiyanata, M. Kom., memaparkan, bahwa pihaknya telah melakukan banyak hal dalam rangka menyambut perubahan bentuk Rokania menjadi Universitas.

“Kami sudah melakukan pelbagai persiapan dalam rangka perubahan bentuk ini. Bahkan, kami juga sudah mempersiapkan segala hal sampai yang sifatnya teknis, seperti pembenahan sarana perkuliahan, pengadaan laboratorium dan hal-hal teknis yang sifatnya mempercepat perubahan itu”, tutupnya.

Baca Juga :

Rekomendasi Untuk Anda