Sekda Minta Camat dan Kades Promosikan Kerajinan Serba Bambu di Sialang Jaya

29 Agu 2018, 22:10:41 WIB

By Aufaa FR

Sekda Minta Camat dan Kades Promosikan Kerajinan Serba Bambu di Sialang Jaya
Contoh kerajinan tangan serba bambu

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Pejabat (Pj) Sekda Rokan Hulu (Rohul), H Abdul Haris Lubis.S.Sos.M.Si, meminta Camat Rambah juga Kepala Desa (Kades) Sialang Jaya, serius promosikan dan bumingkan kerajinan pembuatan peci, tanjak khas Rohul, serta jenis lainnya berbahan baku serba bambu.

Itu disampaikan Pj Sekda Rohul, H Abdul Haris Lubis, Rabu (29/8/2018) siang, ketika melihat langsung kelompok masyarakat yang dapat pembinaan pembuatan kerajinan peci, tanjak, serta jenis lainnya yang serba bambu, di Desa Sialang Jaya.

Kepada Camat Rambah M.Pravovandi.S.STp.M.Si dan Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay, Sekda Abdul Haris Lubis, melihat langsung prosesi kelompok masyarakat yang dapat pembinaan dan pelatihan untuk pembuatan peci, tanjak dan jenis lainnya dari bahan baku bambu yang banyak terdapat di desa itu.

“Ini perlu didukung dan apresiasi, sehingga ini jadi tugas Camat Rambah bersama Kepala Desa Sialang Jaya, bagaimana kerajinan yang memanfaatkan bahan baku bambu yang melimpah di desa ini menjadi kerajinan yang bagus dan memiliki nilai ekomis tinggi. Apalagi selama ini bambu sering dianggap sesuatu yang tidak bermanfaat, dengan adanya kerajinan ini maka ini harus dibumingkan agar kedepannya bisa menjadi sumber penghasilan dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” himbau Sekda.

Sebelumnya, Desa Sialang Jaya berikan pelatihan pembuatan peci serta alat-alat dapur dan jenis lainnya berbahan baku bambu kepada 50 warga di desanya. Ke 50 warga tersebut, dilatih selama 4 hari dan setiap harinya dibagi 12 orang, dengan mendatangkan pelatih dari Bayuwangi Provinsi Jawa Timur.

“Memang, semula ini hasil Musyawarah desa (Musdes) Sialang Jaya, ada 50 warga yang ingin mendapatkan pelatihan pembuatan peci, tanjak dan jenis barang lainnya berbahan baku serba bambu. Dengan dukungan Pendamping Kecamatan Rambah Mustakin maka kita anggarkan melalui ADD 2018, melatih 50 warga kita selama 4 hari,”

“Target kita bersama Pendamping kecamatan, bagaimana nantinya warga yang kita beri pelatihan, mereka selain menguasai berbagai pembuatan kerajinan mereka juha bisa menjadi tutor atau instruktur membuat kerajinan dari bambu.Bila ada daerah lain di Rohul atau di Riau membutuhkan mereka, maka kita drof mereka nantinya sebagai tenaga pelatih karena ini baru pertama dilaksanakan di Riau ini,” sebut Kades Yuherman Daulay.

Sikapi permintaan Pj Sekda, Camat Rambah M.Pravovandi bersama Ketua TP PKK Rambah Ny M.Pravovandi, menyatakan dirinya bersama Kades Sialang Jaya siap mempromosikan dan membumingkan kerajinan bambu yang ada.

Baca Juga :

“Kita siap mempromosikannya, agar kerajinan yang diteknuni masyarakat bisa membuming. Kita akan berkoordinasi, bagaimana nantinya sitim yang akan kita lakukan, dan paling tidak nantinya seluruh kepala desa dan perangkat desa, awalnya mereka yang memakainya untuk promosikan ini. Termasuk, kita akan gandengn TP PKK Kecamatan agar kerajinan ini bisa berkembang dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” janji Camat Rambah.

Bahkan Sekda mengaku optimis, bila kerajinan serba bambu bisa dikembangkan dengan baik dengan beragam jenis kerajinan yang dihasilkan, maka itu akan laku di pasaran. Dirinya secara tegas akan mendukung program tersebut, dan ikut mempromosikannya ke tingkat kabupaten Rohul.

Ketua TP PKK Ramah, dalam mendukung penjualan dan pemasaran kerajinan bambu oleh kelompok masyarakat di Desa Sialang Jaya, juga menyempatkan membeli tanjak dari bambu ke pengerajin. Hal itu, sebagai bentuk dukungan agar kerajinan bambu dari Sialang Jaya bisa berkembang pesat. (Ary)

Rekomendasi Untuk Anda