Sekda Buka MTQ Tambusai Utara, Bupati Sukiman buka MTQ Tingkat 19 Bangun Purba

22 Mar 2019, 09:22:59 WIB

By Ari Fijri

Sekda Buka MTQ Tambusai Utara, Bupati Sukiman buka MTQ Tingkat 19 Bangun Purba
Bupati Sukiman buka MTQ Bangun Purba 2019

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman Selasa (18/3/2019) sore, membuka Kecamatan Musyabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-19 di Desa Bangun Purba Timur Jaya.

Kemudian, pada Rabu (20/3/2019) siang, Sekretaris Rohul Abdul Haris, membuka tingkat MTQ Kecamatan Tambusai Utara ke-19 yang berpusat di Rantau Kasai, Desa Tambusai Utara.

Kegiatan di Bangun Purba dihadiri oleh Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Sukiman, Sekda Rohul H. Abdul Haris S. Sos, M.Si, Kepala OPD, Camat Bangun Purba, Upika Kecamatan dan Kepala Desa se Bangun Purba.

Baca Juga : Di Rohul, 5 titik Hotspot Terpantau Minggu ini

Bupati Sukiman mengatakan, MTQ bertujuan menumbuhkan minat baca Alqur'an di tengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan arti dan makna yang terkandung dalam Alquran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Bupati Sukiman, bahwa dalam pelaksanaan MTQ tidak hanya membaca tetapi sesuai ilmu Tajwid, seperti makhraf hurufnya, seni baca dan lainnya.

Bupati Sukiman mengimbau seluruh masyarakat, untuk menyaksikan bacaan yang disampaikan oleh Qori dan Qori'ah sebagai pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : PDGI Cabang Rohul Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut se-Dunia

Baca Juga :

Kemudian MTQ bertujuan untuk menemukan bibit-bibit yang ada di kecamatan untuk menjadi duta MTQ di tingkat Kabupaten dan bahkan di tingkat Nasional.

Juga mengimbau juri sehingga dalam memberikan nilai harus benar-benar dilihat dari kemampuan para peserta sehingga mereka yang memenangkan juara memang mampu menguasai seni membaca Alquran.

Sementara itu Camat Bangun Purba mengakui bahwa ia akan menyerahkan nilai-nilai tersebut kepada dewan dan juri, sehingga tidak ada yang akan dirugikan.

Baca Juga : PN Pasir Pangaraian Canangkan Zona Integritas Untuk Mewujudukan WBK WBBM

Camat Admiral juga mengatakan bahwa implementasi MTQ di Kecamatan Bangun Purba akan digilirkan di setiap desa dalam satu tahun. Ini bertujuan untuk membumikan Alquran dalam komunitas dan mensosialisasikan Alquran sehingga setiap komunitas Muslim dapat berperilaku seperti yang direkomendasikan dalam Kitab Al-Qur'an itu sendiri.

Sekda Rohul Abdul Haris, pada pembukaan MTQ di Kecamatan Tambusai Utara, juga berharap kegiatan MTQ untuk menarik qori qoriah yang nantinya akan menjadi duta kecamatan, untuk mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten Rohul.

"Sehingga diharapkan kegiatan ini juga akan menyiarkan Alquran dan membuminya di Tambusai Utara, sehingga masyarakat Rohul dapat memahami isi Alquran," kata Abdul Haris. (Adv / Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda