Retribusi Menara 99 Islamic Centre, sumber PAD dikelola Disparbud Rohul

24 Jun 2019, 09:08:48 WIB

By Ari Fijri

Retribusi Menara 99 Islamic Centre, sumber PAD dikelola Disparbud Rohul
Menara 99 Islamic Centre Rohul

PASIR PENGARAIAN - Sejak 7 Agustus 2018, Menara 99 Masjid Agung Islamic Centre Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pengelolaan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rohul melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Rokan Hulu, Nomor 4 Tahun 2018, tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Daerah.

"Dengan demikian, Menara 99 Islamic Centre  terpisah pegelolaannya dengan Masjid Agung Islamic Center."

Baca Juga : Coaching Clinic, Layanan Tertib Manajemen Keuangan dan Aset

"Masjid Agung Islamic Centre dikelola oleh Badan Pengelola Masjid, berdasarkan SK Bupati, sementara khusus Menara 99 dikelola oleh Disparbud, seperti yang dituangkan dalam Peraturan Daerah," terangkan Yusmar, Kamis (20/6/2019).

Retribusi Menara Islamic Centre, yang diklasifikasikan sebagai retribusi kekayaan daerah, diserahkan ke daerah melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Rohul, sesuai dengan hasil yang diperoleh berdasarkan data yang ada di Disparbud.

Baca Juga : Pemerintah Pusat Bantu Petani Rohul Bibit Padi Gogo Gratis

Sedangkan besaran retribusi Menara 99 ini, pada tahun 2018 sebesar Rp. 201.500.000, sementara dari Januari hingga 17 Juni 2019, telah diperoleh retribusi sebesar Rp. 223.375.000.

Baca Juga :

"Seluruh hasil retribusi, menara kita setorkan kepada Bapenda sebagai sumber PAD Rohul. Untuk bisa mengecek kebenaran dapat dikonfirmasi langsung ke Bappenda," tambah Yusmar.

Sedangkan untuk pemeliharaan Menara 99, sesuai aturan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rohul.

"Jadi kami berharap masyarakat memahami, bahwa setiap PAD yang kami dapatkan dari retribusi Menara 99 langsung kita transfer ke akun rekening Bapenda Rohul, sebagai PAD Rohul," jelas Yusmar. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda