PT . KML Belum Penuhi Tuntutan 20 Parsen Masyarakat Desa Sontang

20 Sep 2022, 16:23:25 WIB

By Paw

PT . KML Belum Penuhi Tuntutan 20 Parsen Masyarakat Desa Sontang


Rohul Today - Masyarakat Desa Sontang Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Kembali melakukan mediasi kedua di DPRD rohul yang di fasilitasi ketua komisi II DPRD , Murkhas yang dilaksanakan di DPRD selasa 20 september 2022.

Mediasi kali kedua tersebut dihadiri kepala desa sontang, Zulfahrian SE, Dinas peternakan perkebunan, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dan tokoh agama desa sontang, namun menejemen dari perusahaan PT . Kandis Mekar Lestari yang diduga merupakan anak dari perusahaan PT. Duta Palma Group tidak terlihat hadir.

Dalam pelaksanaan mediasi sebelumnya pihak perusahaan meminta waktu lebih kurang 15 hari terkait tuntutan masyarakat desa sontang 20 parsen dari luas areal lebih kurang 800 haktar.

" Jika luas areal perusahaan 800 haktar berarti hak masyarakat seluas 160 hantar, jika luasnya 670 hantar berarti hak 120 haktar "

Kepala desa sontang, Zulfahrianto SE usai mrngikuti mediasi dengan komisi II DPRD rohul mengungkapkan dari waktu 15 hari yang di janjikan oleh perusahaan hingga saat ini belum ada realisasinya, bahkan mediasi kedua pihak perusahaan tidak hadir " Kata Zulfahrianto.

Tentu kita sangat kecewa dengan perusahaan yang tidak komitmen terhadap janjinya, jika dalam satu minggu kedepan tidak ada respon masyarakat desa sontang akan kembali melakukan aksi demo besar - besaran di perusahaan " Ucapnya.

Apa lagi selama ini kita ketahui sejak beroperasinya perusahaan PT. Kandis Mekar Lestari yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit mulai dari 2006 silam tidak pernah berkontribusi kepada pemerintah desa sontang, kecamatan bahkan kabupaten" sambungnya.

Sementara ketua komisi II DPRD Rohul, Murkhas miminta waktu lebih kurang satu minggu kedepan, dengan alasan akan berupaya berkonsultasi dengan menejemen perusahaan " Saya akan menemui perusahaan dalam minggu ini dan minggu depan akan kita lanjutkan mediasinya untuk mengetahui hasil dari tuntutanasyarakat kita" ucapnya.

Baca Juga :

Kita juga minta kepada masyarakat untuk tetap bersabar dan tidak melakukan tindakan yang nantinya bisa merugikan masyarakat apa lagi tersandung hukum " tutupnya (Rht/pw)

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda