Pemilik Lahan Di Kawasan HPT Rambah Samo , Dewi Robinar Klaim Ada Pemalsuan SKGR

24 Agu 2022, 18:21:43 WIB

By Paw

Pemilik Lahan Di Kawasan HPT Rambah Samo , Dewi Robinar Klaim Ada Pemalsuan SKGR


Rohul Today - Masyarakat Desa Lubuk Napal Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau telah melakukan aksi damai di kantor bupati rokan hulu dan Di Kejaksaan Negeri (Kejari) rohul terkait sangketa lahan antara , Dewi Robinar sebagai pemilik lahan dikawasan HPT rambah samo dengan Koperasi Tani Timiang Raya (KTTR) sejak tahun 2021 lalu selasa 23 agustus 2022.

Menurut pengurus KTTR bahwa lahan milik , Dewi Robinar yang bergerak dalam perkebunan kelapa sawit masuk kedalam lahan KTTR, karena meyakini lahan tersebut milik KTTR, sehingga pihak pengurus KTTR melakukan gugatan di pengadilan negeri pasir pengarayan, bahkan sidangnya berlanjut di pengadilan  tinggi (PT) riau.

Dimana dalam sidang lanjutan di PT, pengadilan tinggi riau menolak seluruh gugatan dari pengurus KTTR, dan PT menyatakan bahwa pemilik lahan yang sah sebenarnya merupakan milik dari, Dewi Robinar.

Meski sudah ada putusan dari PT, sejak tanggal 19 juni 2022 lahan perkebunan kelapa sawit miliknya malah  diduduki orang - orang yang mengatas namakan dari KTTR dan termasuk masyarakat lubuk napal, Penggawa Melayu Riau, Rohul dengan melarang , Saya melakukan pemanenan tandan buah segar  (TBS) kelapa sawit Saya sendiri dan termasuk menjuah hasil dari kebun Saya " Sebut Dewi Robinar.

Dijelaskannya kebun kelapa sawit milik KTTR dan Kebun Saya Memang berada dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) seluas 312 haktar, saat ini lahan saya tengah dalam proses permohonan penggunaan lahan di HPT rambah samo.

Berdasarkan Undang-Undang (UU)  No. 11/2020 tentang Cipta Kerja Pasal 110 A dan 110 B. Data lokasi, Data Kebun (SKGR) dan Informasi lainnya telah disampaikan kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Jakarta " Sambung Robinar.


Mengingat kedua kebun berada di Kawasan Hutan, diperoleh konfirmasi dari Dinas Kehutanan Propinsi Riau bahwa berdasarkan peta citra satelit Kebun saya  dan Kebun KTTR berdampingan (bersempadan) tidak tumpang-tindih satu sama lainnya " Sambungnya.


"Terkait persoalan tersebut saya juga sudah dilaporkan  ke pokres rohul dengan dugaan  telah melakukan penyerobotan lahan KTTR,  Namun proses  dihentikan karena tidak cukup bukti"
 
Lanjutnya mengenai pemalsuan SKGR, pihak KTTR telah melaporkan perbuatan saya ke polres rohul  dengan tuduhan  memalsukan SKGR kepada nsmun proesesnya tetap dihentikan proses penyelidikannselanjutnya.ya.

Baca Juga :

Tidak sampai disitubsaja , Edi Ahmad yang merupakan Ketua KTTR  juga menggugat Kepala Desa Rambah Samo dan Camat Rambah Samo di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pekanbaru agar SKGR-SKGR milik saya dibatalkan.

Tetapi berdasarkan Penetapan PTUN No. 26/G/2022/PTUN.PBR tanggal 13 Juni 2022, Majelis Hakim PTUN mengabulkan permohonan pencabutan gugatan Edi Ahmad dan kawan - kawan " Terang Dewi Robinar. (Rht/ pw)

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda