Pangdivif I Kostrad Bangga Kabupaten Rohul Dapat Kendalikan Titik Api

20 Mar 2019, 08:15:04 WIB

By Ari Fijri

Pangdivif I Kostrad Bangga Kabupaten Rohul Dapat Kendalikan Titik Api
Panglima Divisi Infantri I KOSTRAD Agus Rohman, S IP

PEKANBARU, Rohultoday ID - Panglima Divisi (Pangdiv) Infantri I Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen TNI Agus Rohman SIP bangga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) di bawah pimpinan Bupati Rohul H Sukiman.

Hal itu disampaikan saat ramah tamah dengan Pemkab Rohul beberapa waktu lalu. Ia mengatakan daerah yang berjuluk Negeri Seribu Sulu ini dapat mengendalikan titik api diwilayah kerjanya dan saat ini terpantau zero titik api atau kebakaran lahan dan hutan di Rohul.

‘’Berterimakasih kepada Bupati Rohul, karena ini Rohul tidak ada titik api, sehingga tidak ada Karlahut, doa kita terkabulkan tidak adanya karlahut harus dipertahankan,’’ ungkap Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman SIP, dalam sambutannya saat menghadiri acara silaturrahim dan ramah tamah dengan Pemkab Rohul di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat (15/1/2019) malam.

Kegiatan dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, Danrem 031 Wirabima Kolonel (Inf) Mohammad Fadjar, Danlanud Roesman Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, para Dandim 0301 di jajaran Korem, Wirabima Pekanbaru.

Juga hadir sejumlah Forkopimda, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Asisten, Kepala Dinas Kominfo Rohul Gorneng SSos MSi dan Kepala OPD Rohul, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj Neti Herawati.

Juga hadir dua putra kembar Bupati Sukiman, yang kini memegang jabatan strategis di satuan TNI yakni Danlanal Dumai Letkol (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto (Anak Sulung), dan Asisten Operasi (Asops) Divisi I Kostrad Letkol Wahyu Dili Yudha Irawan.

Diakuinya, bahwa kondisi bencana kebakaran di Riau saat ini, ratusan prajurit Infantri diturunkan dan sifatnya membantu untuk mencegah serta melakukan pemadaman Karlahut. Hal itu jadi konsekuensi Kostrad dan menjadi suatu kebanggaan, karena bisa mengatasi dan melindungi segenap bangsa Indonesia.

Agus juga pernah menjadi mantan Ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009-2012, dirinya berterima kasih ke Bupati Rohul H Sukiman atas undangan ramah tamah sekaligus silaturrahim dengan jajaran Pemkab Rohul.

Baca Juga :

Dengan momen pertemuan itu, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas terutama dalam upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya Karlahut di wilayah Riau khususnya Rohul yang saat ini zero titik api.

“Namun sebaliknya, jangan didoakan ada kebakaran, biar saya yang berkunjung ke Rohul," kata Pangdivit I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman SIP bercanda, dan disambut tepuk tangan seluruh tamu undangan.

Agus Rohman dihadapan Bupati Sukiman dan undangan menjelaskan riwayat Pendidikan. Dimana dirinya merupakan lulusan Akmil 1998 serta pernah menduduki jabatan penting sebagai ajudan Presiden RI SBY, Asops Danpaspampres, selain pernah menjabat sebagai Danrem 061/Surya Kencana.

Kemudian, Pangdivif I Kostrad sempat memuji kinerja dari Asops Divisi 1 Kostrad Letkol Wahyu Dili Yudha Irawan anak kedua dari Bupati Sukiman.

“Putra bapak Bupati Rohul Wahyu Dili Yudha Irawan, beliau punya potensi di kesatuan Kami,’’ ujar Pangdivif I Kostrad.

Agus Rohman menghimbau ke seluruh masyarakat di Riau khususnya masyarakat Rohul , agar tidak melakukan tradisi dan budaya membuka lahan untuk Perkebunan dengan cara membakar.

Dalam acara ramah tamah Pemkab Rohul dengan Pangdivif I Kostrad, diawali tari persembahan Tepak Sirih diiringi musik dari Rumah Seni Balai Proco Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya menyatakan, terkait sejarah terbentuknya

Rohul dijuluki "Negeri Seribu Suluk", yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan memliki tradisi keagamaan yang kuat.

Rohul juga memiliki destinasi wisata religi yang menjadi kebanggaan masyarakat Rohul Masjid Agung Islamic Center Rohul, yang merupakan masjid terbaik I tingkat nasional, yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Pada sektor perekonomian masyarakat Rohul bergerak disektor Perkebunan Kelapa Sawit, karet dan sektor lainnya, sehingga perekonomian masyarakat cukup meningkat dibanding sebelum dimekarkan. Sehingga sudah banyak penduduk Rohul yang menyelesaikan pendidikan tingkat Strata Satu hingga Profesor.

H Sukiman yang juga mantan Dandim Indragiri Hilir  berterimakasih kepada Panglima Divisi Infantri I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman SIP beserta tamu undangan lainnya, meski disela kesibukannya melaksanakan tugas dari Panglima TNI untuk mengatasi bencana kebakaran di Riau. Bahkan tetap meluangkan waktunya untuk menghadiri Ramah tamah dengan Pemkab Rohul.

Sebut Bupati Sukiman, dalam silaturrahmi dan sinergitas antara Pemkab Rohul dengan Pangdivif I Kostrad, banyak pengalaman yang dapat diambil dalam pertemuan serta membangun sinergitas dan kerjasama yang terjalin dengan baik untuk kemajuan Rohul kedepannya.

“Atasnama Pemkab Rohul dengan tangan terbuka, kami siap menerima kunjungan Pangdivif I Kostrad ke Rokan Hulu. Dengan harapan terwujudnya sinergitas dan kerjasama untuk kemajuan Rohul,” ucapnya.

Bahkan menurut Bupati Sukiman, dimomen acara ramah tamah Pemkab Rohul dengan Pangdivif I Kostrad, suatu kebanggaan tersendiri bagi dirinya beserta istri. Disamping Pertemuan silaturrahim dan pencerahan terhadap antisipasi Karlahut yang disampaikan Pandivif I Kostrad kepada jajaran Pemkab Rohul.

Putra kembar yang berhasil didik Bupati Rohul juga hadir bersama. Keduanya kini memegang jabatan strategis di satuan TNI yakni Danlanal Dumai Letkol (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto sebagai anak Sulung, dan Letkol Wahyu Dili Yudha Irawan yang kini menjabat Asisten Operasi (Asops) Divisi Infrantri I Kostrad di Jakarta.

Kedua putra terbaik Bupati Rohul , terlihat bercengkrama dan terjalin keakraban dengan tamu undangan termasuk Sekda dan Kepala OPD Rohul yang hadir. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda