Ninik Mamak Kandang Kopuh Duga Ada Penyerobotan Tanah Suku

30 Mei 2022, 21:39:26 WIB

By Paw

Ninik Mamak Kandang Kopuh Duga Ada Penyerobotan Tanah Suku

 

Rohul Today - Puluhan Ninik mamak Suku Kandang Kopuh Induk Padang Silang Raja Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendatangi komisi 1 DPRD Kabupaten Rokan hulu, Kedatangan suku kandang kapuh tersebut agar DPRD Rohul bisa melakukan mediasi atau memfasilitasi mereka terkait dugaan penyerobotan tanah suku yang berada di desa kepenuhan timur lebih kurang seluas 350 ha.

 

Menurut Ninik mamak suku kandang kapuh induk Padang silang raja dimana Oktober 2021 lalu, ketua kerapatan adat luhak kepenuhan tengah menyatakan bahwa adanya kampung Padang silang raja yang keberadaanya masih dipertahankan dan dijaga anak kemanakan.

 

Dimana berdasarkan keterangan pemdes kepenuhan timur nomor 474/562/TMR/2021 tertanggal 8 November 2021 menerangkan bahwa kampung Padang silang raja sebagai milik warisan Ninik moyang suku kandang kopuh dibawah pimpinan Ninik mamak yang bergelar Lakmano beserta lahan usaha masyarakat Padang lajo masih ada yang terletak di dusun suka jadi desa kepenuhan timur.

 

Dijelaskan Ninik mamak suku kandang kopuh dalam perjalanannya tanah tersebut diserobot oleh pihak lain yang juga mengklaim memiliki tanah tersebut namun hingga saat ini pihaknya belum bisa membuktikan bukti kepemilikan yang saat ini diduga dikuasai oleh, H. Zul.

Baca Juga :

 

 

Karena tanah tersebut miliki suku kandang kapuh, oleh anak kemanakan dikelola, tetapi ditengah pengelolaan tanah ada pihak dari , H. Zul juga tengah mengelola dengan lahan yang sama yaitu tanah milik suku kandang kopuh.

 

Sementara ketua komisi 1 DPRD Rokan hulu, Budi Darma menyikapi persoalan tersebut belum bisa menemukan titik terang , menyikapi persoalan tersebut tentu harus menghadirkan kedua belah pihak, karena hari ini baru dari pihak Ninik mamak, sementara untuk pihak H. Zul akan kita hadirkan pada pertemuan berikutnya.

 

Sedangkan kepala desa kepenuhan timur, Azhar mengungkapkan bahwa tanah suku kandang kopuh yang disampaikan oleh Ninik mamak suku kandang kopuh induk Padang silang raja berada di desa kepenuhan timur.

 

Setahu saya  sejak tahun 2012 saya selaku kepala desa tidak pernah menerbitkan SKRPT atau SKT terhadap pihak manapun diareal yang disangketakan" Sebut Azhar.(Rht/pw)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda