MANFAAT DAUN KAPAS UNTUK MENURUNKAN DEMAM PANAS

07 Des 2020, 11:14:39 WIB

By Gunawan

MANFAAT DAUN KAPAS UNTUK MENURUNKAN DEMAM PANAS
daun kapas

Indonesia merupakan salah satu negara yang beriklim tropis yaitu berada di garis ekuator atau khatulistiwa.  iklim tropis adalah sebutan bagi daerah yang memiliki suhu hangat dan disinari matahari Sepanjang tahun.  iklim tropis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan keadaan alam yaitu daerah tropis kering seperti Sabana stepa dan gurun pasir, Kemudian daerah tropis lembab seperti hutan-hutan tropis,  dan daerah  yang memiliki musim basah dan sabana lembab. 

Pergantian cuaca yang tidak menentu sering terjadi dan ini adalah hal biasa.  Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi dan memiliki kelembaban udara yang relatif tinggi pula.  pada skala lokal wilayah Indonesia terletak pada era Ring of fire  sehingga terdapat banyak gunung tinggi,  kondisi seperti ini dapat menyebabkan daerah pegunungan memiliki curah hujan dan cuaca yang berbeda  atau tersendiri.  diketahui,  suhu di dataran tinggi seperti pegunungan akan lebih rendah dibanding suhu di permukaan laut.

                 Beberapa bulan terakhir ini tepatnya di bulan Oktober musim hujan Indonesia mulai bertahap. Terutama di mulai dari wilayah indonesia bagian barat kondisi Yang seperti ini jika imun tubuh atau kekebalan tubuh berkurang maka akan berdampak buruk bagi tubuh. cuaca yang tidak menentu ini akan mengakibatkan seseorang jatuh sakit, bahkan yang rentan terserang penyakit adalah anak-anak saat daya tahan tubuh mereka menurun, bakteri dan virus jahat dengan mudahnya menyerang tubuh.

            Bakteri dan virus jahat Kemudian ditangkis oleh sistem imun pada tubuh kita. namun, sistem imun terkadang tidak kuat melawan serangan tersebut karena kekebalan tubuh yang sedang menurun, Maka dari itu suhu tubuh naik secara drastis.

             Penanganan pada suhu tubuh yang panas ditangani secara sederhana yaitu dengan cara mengompres menggunakan air dingin. cara ini dalam prinsip fisika, panas tubuh diserap oleh alat kompres. namun mengompres tubuh bukanlah untuk mengobati demam, melainkan cara sederhana untuk menurunkan panas pada anak.

             Pengobatan yang juga sering dilakukan ialah dengan cara cara medis dengan memberikan anak obat yang biasa dipakai yaitu obat yang mengandung paracetamol untuk menghilangkan panas dan menghilangkan sakit, antibiotik dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. namun, demam tinggi tidak selalu ditangani secara medis masyarakat juga melakukan cara tradisional ketika cara medis dipandang kurang efektif. Seperti di masyarakat Riau, Rokan Hulu tepatnya di Pasir Pengaraian menggunakan media daun atau yang biasa disebut di sana adalah daun kapas untuk mengobati demam tinggi. Namun, manfaat dari daun kapas ini belum banyak diketahui oleh masyarakat sekitar,apalagi sekarang Rokan Hulu bisa dikatan Kabupaten yang sudah berkembang dengan penduduk yang modernisasi . Tidak sulit untuk menjumpai daun kapas karna pohon ini juga mudah ditemukan dihutan bahkan ada juga di rumah-rumah. 

            Cara penggunaan daun kapas sangat sederhana yaitu ambil 5 sampai 7 lembar daun kapas cuci bersih, selanjutnya ambil air bersih dalam baskom masukkan daun kapas yang sudah dibersihkan tadi kemudian remas-remas daun di dalam air tersebut hingga kental. setelah air daun tersebut kental dan kehijauan ambil air tersebut menggunakan tangan lalu sapu di dahi anak dan sekitaran kepalanya lakukan kembali jika air tersebut sudah mengering sampai demam turun. Dengan penulisan ini penulis berharap penggunaan obat tradisional tidak punah, dan dapat memanfaatkan daun kapas yang terlihat spele namun bisa menyembunhkan badan panas(demam).

 

Baca Juga :

Penulis Dea Fanita Putri.  Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Rokania. Mata kuliah Penulisan Artikel dan Esai.  Dosen pengampu: Rita Arianti, S. Pd., M. Pd.

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda