Kembangkan Unit Usaha bervariasi, Bupati Apresiasi Bumdesa Usaha Bersama

21 Jan 2020, 13:53:51 WIB

By Ari Fijri

Kembangkan Unit Usaha bervariasi, Bupati Apresiasi Bumdesa Usaha Bersama
Bupati Rohul H Sukiman.bersama Ketua TP PKK Hj Peni Herawati, menghadiri Musyawarah Pertanggung jawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Usaha Bersama Tahun Buku 2019 Desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, Senin (20/1/2020)

TAMBUSAI – Hadir di acara Musyawarah Pertanggung Jawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Usaha Bersama Tahun Buku 2019 Desa Sialang Rindang, Kecamatan Tambusai, Senin (20/1/2020), Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman berikan Apresisasi.

Juga hadir Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kadis DTPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos, Kepala Desa Sialang Putro Warsono S.Agr, Kepala Desa Suka Maju Indra Atmaja, Kepala Desa Batas T. Musrial.

Dijelaskan Kepala Desa Sialang Rindang, Putro Warsono S.Ag, bahwa Bumdesa Usaha Bersama awal berdirinya adalah Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP). Pada saat itu, BUMDesa Usaha Bersama mendapat alokasi anggaran Rp 450.000.000.

Dari dana tersebut, hingga per Desember 2019 telah memberikan pinjaman kepada 1.812 orang dari berbagai jenis usaha.

"Sekitar 15 tahun sejak UED-SP menjadi Bumdesa Usaha Bersama terus berkembang. Dapat kami sampaikan kepada pak Bupati Laporan MPTB ini, sehingga perkembangan dana per Desember 2019 sebesar Rp 24.533.908.500 dan total Laba Usaha Desa per Desember 2019 mencapai Rp 220.467.979," jelasnya.

Putro menambahkan, Bumdesa Usaha Bersama terdiri dari Unit Usaha Simpan Pinjam, Usaha Pengembangan Ikan Lele yang dilengkapi dengan usaha Hilirnya seperti Kampung Resto Lele dan Ikan salai.

"Intinya kami selaku Kepala Desa, Direktur Bumdesa, selain unit usaha simpan pinjam, kami akan terus membuat terobosan dan inovasi untuk mengembangkan Bumdesa ini untuk meningkatkan Sumber Daya Ekonomi masyarakat Desa Sialang Rindang," harapnya.

Ditambahkna Putro, ditahun 2109 lalu Bumdesa Usaha Bersama juga menambah unit usaha baru dalam membudidaya Ubi Kasesa, yang ditanam perdana oleh Bupati Rohul H. Sukiman

Baca Juga :

"Budidaya Ubi Kasesa yang ditanam didekat SMP 3 Poktan lagi bekum panen, sehingga laporan MPTB nya belum bisa kami sampaikan," ucapnya.

Kades Sialang Rindang juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul H. Sukiman atas bantuan pembangunan infrastruktur jalan diruas jalan Desa Sialang total keseluruhannya sepanjang 2,5 KM, Pembangunan Turap Pendopo, Kios Pasar, Pagar Kantor Desa, Seminisasi, Pagar Puskesdes.

Dalam sambutannya, Bupati Sukiman sampaikan apresiasi kepada Bumdesa Usaha Bersama Desa Sialang Rindang, untuk perkembangan yang dicapai.

"Kami mengapresiasi sekali kepada pengurus Bumdes Usaha Bersama, yang terus berinovasi mengembangkan unit usaha, tahun lalu saya ikut menamam ubi kasesa, tahun ini sudah bisa dipanen," katanya.

Ditambahkannya, bahwa Bumdesa Usaha Bersama ini termasuk dalam kategori Bumdesa yang sehat, pasalnya total Laba Usaha Desa per Desember 2019 mencapai Rp 220.467.979. Sehingga dengan adanya perguliran dana Bumdesa ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain pengembangan Unit Usaha Budidaya Ikan Lele, Ia mengapresiasi usaha hilir dari Budidaya Ikan lele yaitu pengelolaan Kampung Resto Lele. Ia mengaku inovasi pengelolaan Bumdes ini sangat diperlukan menyesuaikan dengan kemajuan zaman.

"Baru kali pertama ini saya ke kampung resto lele binaan Bumdesa Usaha Bersama ini karena disuguhkan makanan sederhana tapi lezat, olahan dari lele terdiri dari Nugget lele dan Pempek lele, sampaikan kepada yang lain, makanan ini lezat dan murah meriah. Ini inovatif sekali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya

Selain dengan telah dibangunnya beberapa ruas jalan di Desa Sialang Rindang, Diakui Sukiman, Pemkab juga akan membangun ruas jalan poros Desa Sialang Rindang-Desa Sungai Sitolang yang diperkirakan panjangnya 5 KM.

"Kedepannya saya minta kepada Kades dan Camat untuk pembebasan lahan masyarakat, supaya kita lebih mudah membangun dan melebarkan jalan poros desa ini, program membangun Desa menata kota terus kita tingkatkan, ini juga sebagai bentuk keseriusan Pemkab agar masyarakat menikmati jalan ini untuk melancarkan hasil perkebunan masyarakat," imbaunya. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda