Jangan bingung, Lapor SPT secara online itu mudah! Tidak percaya ?

05 Mar 2021, 21:43:17 WIB

By Aufaa FR

Jangan bingung, Lapor SPT secara online itu mudah! Tidak percaya ?
Lapor SPT Tahunan

Rohultoday.ID - Jangan sampai lupa ya!, Jangka waktu pelaporan SPT Tahunan bagi wajib pajak adalah hingga 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan.

Untuk penyampaian Laporan SPT Tahunan dapat dilakukan dengan beberapa cara : Melaporkan SPT Tahunan secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Anda juga dapat melakukan pelaporan dengan mengirimkan lewat jasa pos/ekspedisi, dan Anda juga bisa Laporkan SPT Tahunan melalui website https://djponline.pajak.go.id.

Dari ketiga cara diatas kali ini kita akan menjelaskan langkah – langkah penyampaian SPT Tahunan secara online melalui e-filing maupun e-form. Cara ini sangat dianggap cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan waktu, karena kesibukan pekerjaan dan tidak punya waktu luang untuk dating ke KPP.

Nah caranya pun cukup mudah, boleh dikatakan Anda hanya butuk koneksi internet untuk mengakses laman https://djponline.pajak.go.id. Laman website https://djponline.pajak.go.id dapat diakses melalui PC, handphone, maupun tablet yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Proses lapor melalui e-filing ini pun sangatlah mudah. Sama halnya dengan semudah mengirimkan chatting ke orang lain. WP hanya perlu login dan mengisi formulir yang tersedia sesuai dengan profil masing-masing WP.

Untuk lapor secara online melalui e-filing, wajib pajak memerlukan nomor Electronic Filing Identification Number (e-FIN) yang bisa didapatkan dengan datang langsung ke KPP, NPWP dan akun DJP Online.

Langkah-langkah pendaftarannya adalah : Buka situs www.pajak.go.id di laptop atau smartphone, lalu tekan login. Isikan nomor wajib pajak dan password, serta kode keamanan, klik login.

Setelah masuk ke halaman dashboard, klik pada tab 'Lapor', klik ikon e-Filing dan klik buat SPT. Silahkan menjawab pertanyaan terkait status, berikutnya akan muncul tombol 'SPT 1770 SS'. Isi data formulir, isi tahun pajak, status SPT, dan pembetulan (jika ada kesalahan SPT yang dilaporkan sebelumnya), dan klik langkah selanjutnya.

Baca Juga :

Bagian A Isikan data penghasilan bruto. Poin 2, isikan jumlah pengurang (misal biaya jabatan, iuran pensiun atau iuran JHT). Pada poin 3, pilih pengasilan tidak kena pajak (PTKP). Poin 6, isilah jumlah PPh yang telah dipotong perusahaan anda. Nanti akan diketahui status SPT baik nihil, kurang bayar atau lebih bayar.

Apabila SPT nihil, lanjut pengisian poin B. Bagian B diisi penghasilan final maupun penghasilan yang tidak dikenakan pajak. Kalau pemberi kerja memberikan bukti potong final, isikan nominal penghasilan di poin B8. Isikan pajak penghasilan final yang telah dipotong pada poin B9.

Selanjutnya beralih ke penghasilan tak kena pajak pada poin B10. Bagian C Isikan jumlah keseluruhan harta yang dimiliki pada akhir tahun pajak pada C 11. Jumlah keseluruhan kewajiban atau utang pada akhir tahun pajak pada C 12. Bagian D Centang pernyataan setuju, jika anda yakin data yang anda isikan sudah benar.

Langkah terakhir Ambil kode verifikasi. Secara otomatis kode verifikasi akan dikirimkan melalui email anda. Salin kode tersebut pada kolom yang disediakan. Dan lanjutkan dengan Klik kirim SPT, maka SPT anda akan terekam pada sistem DJP. Bukti penerimaan elektronik akan dikirimkan ke email, sebagai bukti telah melaporkan SPT.

Nah mudahkan!, tidak ada alasan lagi bagi wajib pajak untuk tidak melaporkan SPT Tahunan. Ayo segera laporkan SPT Tahunan Anda. Jangan menunggu sampai batas akhir pelaporan, karena lapor SPT lebih awal, lebih nyaman.

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda