Jabatan Bupati Rohul Sementara Dijabat Sekda

23 Apr 2021, 09:38:53 WIB

By Ari Fijri

Jabatan Bupati Rohul Sementara Dijabat Sekda
Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana bersama Kepala BNPB, Kamis (22/4/2021)

PASIR PENGARAIAN - Masa jabatan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman untuk masa jabatan 2016-2021, Kamis 22 April 2021 pukul 00.00 WIB berakhir.

Terkait hal ini, Plt Asisten I Bidang Pemerintahan, Erfan Dedi Sanjaya, S.STP mengakui pihaknya telah berkoodinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau tentang kekosongan jabatan Bupati Rohul.

"Informasi awal kami peroleh dari bapak Gubernur Riau Syamsuar, sudah mengeluarkan surat keputusan untuk Pelaksana Harian (Plh) Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Rohul," ungkap Erfan Dedi Sanjaya

Erpan mengatakan, surat itu akan segera disampaikan Gubernur‎ kepada Pemkab Rohul, dimana untuk tanggal 23 April 2021 sudah ada Plh Bupati Rohul.

Erpan menjelaskan, sesuai amanah Undang-Undang, untuk Plh Bupati Rohul adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul. Bila Plh Bupati Rohul dijabat Sekda, maka untuk jabatan Plh Bupati nantinya, akan dijabat H. Abdul Haris.

Dijelaskan Erpan, bahwa Plh Bupati Rohul hanya melaksanakan tugas-tugas harian Kepala Daerah. Sesuai peraturan perundang-undangan yang ada, nantinya Gubri akan mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri untuk menunjuk Penjabat Bupati Rohul.

"Dimana nanti mungkin Penjabat Bupati Rohul akan melaksanakan tugas Kepala Daerah di Kabupaten Rohul," ujarnya.

Sebut Erfan, setelah jabatan Bupati Rohul kosong, maka Gubri mempersiapkan surat keputusan menunjuk Plh Bupati, sehingga roda pemerintahan di daerah berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga :

Dilanjutkan Erfan, salah satu diktum atau keputusan dari surat Gubernur Riau, Plh Bupati hanya melaksanakan tugas-tugas Kepala Daerah hingga dilantiknya Penjabat Bupati Rohul, atau dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda