H. Sukiman, Hadiri Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Pilkada Rohul 2020

08 Des 2020, 10:36:54 WIB

By Ari Fijri

H. Sukiman, Hadiri Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Pilkada Rohul 2020
Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Pilkada Rohul 2020

ROKAN HULU - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020, Polres Rokan Hulu (Rohul) gelar Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Pilkada 2020.

Dalam apel ini dilakukan pelepasan pergeseran Personel Polres Rohul dan BKO Brimob Polda Riau untuk mengamankan seluruh TPS Pilkada serentak 2020. Sebanyak 276 personel Polres Rohul dan 150 personel dari BKO Brimob Polda Riau, siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul serentak 2020.

Ratusan personel Pengamanan TPS Pilkada dari Polres Rohul dan BKO Brimob Polda Riau resmi dilepas oleh Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat. Dalam Operasi Kepolisian Kewilayahan Mantap Praja Lancang Kuning 2020 dipimpin Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, dengan Komandan Apel Kasat Sabhara AKP Kamsir, di Lapangan Apel Mapolres Rohul, Senin (7/12/2020).

Apel Pergeseran personel pengamanan TPS Pilkada Serentak 2020, dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Plt Kajari Rohul Silvia Rosalina, Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pangaraian Sunoto.

Selain itu, Hadir juga Waka Polres Kompol Willy Kartamanah, Para Kabag Polres Rohul, perwakilan Kalapas IIB Pasir Pangaraian, Danramil 02/ Rambah Kapten Inf Kasmir, pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, Ketua KPU Elfendri, Ketua Bawaslu Fajrul Damsir, Forkopimda, serta para Perwira di jajaran Polres Rohul.

Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat menyatakan, saat ini sudah memasuki tahapan masa tenang Pilkada Serentak 2020 dan sedang dilakukan pendistribusian logistik ke PPK-PPS di 16 Kecamatan.

"Pada hari ini dilakukan pergeseran personel Pengamanan Pengamanan TPS ke 145 desa dan kelurahan yang terdiri 1.126 TPS tersebar di 16 kecamatan," kata Kapolres Rohul.

Kapolres juga mengaku, untuk pengamanan TPS sendiri, Kepolisian telah memetakan empat kriteria TPS, yaitu TPS Aman, TPS Rawan, TPS Sangat Rawan, dan TPS Khusus.

Baca Juga :

Tambah AKBP Taufiq, Polres Rohul juga memetakan pola pengamanan di TPS yang dilakukan personel di hari pencoblosan, sehingga setiap personel yang terlibat harus tahu kriteria TPS, dan cara bertindak saat di lapangan.

"Personel yang mengawasi juga harus tahu dalam mengelola waktu yang ada dalam pelaksanaan tugas," imbaunya.

Kapolsek jajaran juga diimbau Kapolres benar-benar bekerja saat hari pencoblosan dengan memantau seluruh TPS yang ada di wilayah kerjanya.

Personel yang terlibat pengamanan juga harus tahu kondisi lingkungan dan situasi TPS, termasuk mengenal tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sekitar.

"Lakukan pemantauan situasi di sekitar TPS, kemudian tetap menekankan aturan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat, agar jangan ada cluster baru," ungkapnya

Personel juga diminta menjaga kesehatan selama bertugas dan tidak lupa konsumsi vitamin yang diberikan oleh satuan.

Kapolres berharap, seluruh personel agar menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Kita berharap kepada Allah SWT agar Pilkada ini aman damai dan sejuk dan jauh dari penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman berharap melalui Apel pergeseran personel pengamanan TPS Pilkada 2020 di Kabupaten Rokan Hulu ini agar pengamanan seluruh proses Pilkada baik saat pemungutan suara, perhitungan suara maupun pada saat pengiriman kotak suara berjalan lancar.

Dia juga mengatakan, Apel tersebut merupakan momentum yang baik bagi semua komponen pengamanan Pilkada, untuk keamanan diri dan mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban, dengan harapan Pilkada Rohul berjalan aman, damai dan kondusif. (ADV/ Pemkab Rohul)

Rekomendasi Untuk Anda