Dikukuhkan Wagubri, Pjs Bupati Dorong TPAKD Rohul Perkuat Akses Ekonomi UMKM

27 Nov 2020, 10:57:10 WIB

By Ari Fijri

Dikukuhkan Wagubri, Pjs Bupati Dorong TPAKD Rohul Perkuat Akses Ekonomi UMKM
Wagubri kukuhkan TPAKD Se Riau

ROKAN HULU - Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Mengukuhkan secara virtual Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan 11 Kabupaten/Kota di Riau, Kamis (26/11/2020).

Khusus untuk Pengukuhan TPAKD Kabupaten Rohul, dipusatkan di Pendopo Rumdis Pjs Bupati Rohul, dihadiri Pjs Bupati Rohul Drs H. Masrul Kasmy M.Si, Asisten II Ir H.M Ruslan M.Si, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri dan Pimpinan perbankan lainnya.

Selain pengukuhan TPAKD se Riau, Wagubri Edi Natar juga menetapkan Desa Ekslusif se Riau, termasuk Desa Ekslusif di Rohul ditetapkan Desa Marga Mulya kecamatan Rambah Samo sebagai potensi pengembangan Pertanian dan Perkebunan.

Dalam sambutannya, Wagubri Edi Natar mengucapkan terima kasih kepada TPAKD Se-Riau yang dinilai berhasil menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi Riau sehingga masih stabil ditengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini.

Wagubri berharap TPAKD di daerah mampu Mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah.

"Terima kasih kepada TPAKD Kabupaten Kota yang telah berhasil menjaga tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau," ujar Wagub.

Dengan telah dikukuhkannya TPAKD tersebut, Wagubri meminta kepada Tim TPAKD untuk segera menyusun kerja dalam mendorong percepatan perkembangan akses sektor ekonomi khususnya pada usaha UKM dan UMKM dan usaha ekonomi kerakyatan lainnya yang berbasis hilirisasi.

Selain itu Wagub juga mengingatkan perlunya sinergitas yang solid dalam penyusunan program dari masing-masing anggota Tim TPAKD sehingga segala upaya dalam menopang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat mampu diwujudkan.

Baca Juga :

Sementara itu, Pjs Bupati Rohul Drs H. Masrul Kasmy, M.Si kepada Media Center Diskominfo Rohul mengatakan, Tim TPAKD ini merupakan yang mengkai Moneter Fiskal untuk memberi evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan daerah, dengan harapan roda perekonomian berjalan normal.

“Tim TPAKD inikan masalah Moneter Fiskal, jadi Tim ini memberikan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan daerah, sehingga nanti roda Perekonomian cepat berputar, tingkat keuangan daerah, penyerapan keuangan daerah dan pengembangan ekonomi,” ujarnya

“Jadi Tim TPAKD ini betul-betul memberikan rumusan kepada pengambil kebijakan, sehingga dijamin fiskal daerah itu tetap lancar uang yang beredar, kemudian tim pengembangan ekonomi ini bisa memberi stimulan kepada UMKM, tadikan dibantu melalui Kredit KUR, sehingga kegiatan-kegiatan ini nantikan mempunyai fungsi daya ungkit untuk pertumbuhan ekonomi dan pengembangan ekonomi secara makro,” tambah Masrul Kasmy

Mantan Wakil Kepulauan Meranti berharap kedepan bukan disisi Pertanian dan Perkebunan yang ditetapkan dalam potensi desa ekslusif, tapi usaha-usaha Industri Rumah Tangga, Pariwisata juga patut dikembangkan.

“Jadi ini semua punya prospek bagus untuk ekonomi daerah, jadi saya kira dari seluruh sektor itu, itu nanti akan didorong oleh Tim TPKAD Rohul, mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi muncul usahawan-usahawan enterpreneur sehingga memberikan semangat baru untuk di Rohul,” harap Masrul. (ADV/ Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda