Coaching Clinic, Layanan Tertib Manajemen Keuangan dan Aset

24 Jun 2019, 05:50:33 WIB

By Ari Fijri

Coaching Clinic, Layanan Tertib Manajemen Keuangan dan Aset
Coaching Clini Inpsektorat Rokan Hulu

PASIR PENGARAIAN - Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebagai Instansi yang melakukan pembinaan dan mengawasi, harapkan tata kelola keuangan yang tertib dan akuntabel serta pengelolaan aset yang memadai.

Terkait pengelolaan keuangan daerah, yang tertib dan bertanggung jawab, itu semua tidak terlepas dari peran perbankan, dalam hal ini Bank Kepri Pasir Pengaraian sebagai pemegang kas daerah Kabupaten Rohul.

Diharapkan bahwa di masa depan, manajemen keuangan daerah Kabupaten Rohul akan mulai mencatat hingga laporan keuangan disajikan lebih bertanggung jawab dan memadai.

Baca Juga : Kadiskes Rohul : Akhir 2019 semua Puskesmas sudah Terakreditasi

Inspektur Kabupaten Rohul H. Helfiskar SH MH mengakui fakta ini pada hari Rabu (19/06/2019) kemarin, dan disebutkannya, seiring dengan berubahnya paradigma para auditor watchdog ke consulting and aasurance, sehingga auditor tidak lagi dipersepsikan selalu mencari kesalahan dalam pemeriksaan.

Perubahan paradigma auditor ini, diharapkan Helfiskar, bahwa auditor dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi pmerintah daerah untuk melakukan perbaikan melalui rekomendasi yang diberikan oleh auditor dan untuk membantu organisasi dalam pencapaian tujuan dengan pendekatan sistematis dan diarahkan menuju evaluasi dan efektivitas manajemen risiko.

"Karena salah satu peran auditor sebagai konsultan, Inspektorat Rohul menyediakan Coaching Clinic atau layanan konsultasi pengawasan. Layanan ini disediakan bagi  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta
pemerintah desa untuk berkonsultasi tentang implementasi kegiatan dan penyelenggaraan pemerintah, untuk tata kelola keuangan tertib dan aset daerah," jelasnya.

Baca Juga : Pemerintah Pusat Bantu Petani Rohul Bibit Padi Gogo Gratis

Baca Juga :

Ditegaskannya, bahwa penataan manajemen keuangan yang tertib dan akuntable serta manajemen aset daerah yang memadai juga telah mengundang rapat beberapa Kepala OPD Rohul terkait dan pihak bank pengelola keuangan daerah, Selasa (18/06/2019) di Kantor Inspektorat Rohul.

Sebut Helfiskar, melalui coaching clinic ini, bisa dilakukan pengaturan tertib pengelolaan keuangan dan aset daerah Rohul.

'' Sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan, pihaknya akan terus dilakukan kepada OPD Rohul, sehingga peran Inspektorat sebagai lembaga Pembinaan dan pengawasan dapat meberikan nilai tambah bagi organisasi dalam menjalankan kegiatan di instansinya, sehingga OPD bisa mengelola anggaran dan kegiatan mereka secara tertib dan bertanggung jawab, "katanya (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda