Cetak SDM Cerdas, Sekda Ajak Para Orang Tua Sukseskan Gernas BAKU

29 Jul 2019, 16:02:11 WIB

By Ari Fijri

Cetak SDM Cerdas, Sekda Ajak Para Orang Tua Sukseskan Gernas BAKU
Sekda Rohul Abdul Haris, membacakan buku ke anaknya, dan bersama Kadisdikpora berinteraksi dengan anak anak TK disela kegiatan.

PASIR PANGARAIAN - Sebagai yang ikut penggerak dan  berperan langusng, Pemkab Roakn Hulu (Rohul), mengajak para orang tua ikut mensukseskan Gerakan Nsional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas BAKU), yang dilaksankaan serentak di seluruh lembaga PAUD di Indonesia, Sabtu (27/7/2019).

Ajakan itu disampaikan Sekretaris‎ Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, saat membuka Gernaas BAKU di TK Negeri Pembina Rokan Hulu di Pasir Pangaraian, diikuti 180 anak dari TK Negeri Pembina, TK Madani, dan TK Persatuan.

Gernas BAKU, merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, bertujuan mengajak orang tua membacakan buku untuk anaknya yang masih berusia dini.

Baca Juga : Mahasiswa Kukerta Sialang Jaya Gelar, Mahasiswa Goes to School di SDN 006 Rambah

Diacara itu, juga dihadiri Kadisdikpora Rokan Hulu Ibnu Ulya, Sekretaris Dinsos April, dan lainnya,‎ Sekda mengatakan dengan banyak membacakan buku pengetahuan, termasuk buku dongeng, anak usia dini akan menambah pengetahuannya dan lebih pintar lagi ke depan.

"‎Mulai hari ini kita terapkan Gernas BAKU ini, baik di sekolah maupun di rumah, sehingga anak-anak kita mendapatkan pengetahuan baru‎," pesani Sekda.

Sekda  Abdul Haris juga mengatakan,, Gernas sangat penting diterapkan di sekolah dan di rumah, karena dapat memberikan ilmu‎ pengetahuan baru kepada anak usia dini, baik informasi dan cerita, atau ilmu pengetahuan.

"Gernas BAKU adalah hal yang penting dilakukan, supaya anak-anak kita punya wawasan luas dalam menyiapkan generasi emas yang cerdas dan siap berkompetisi, dan sejajar dengan anak-anak di negara maju," harapnya.

Baca Juga : Sekda Rohul : Bursa Inovasi Desa Rohul Inspirasi dalam Membangun

Nantinya, tanbah Sekda, stiap buku yang dibacakan kepada anak, menurut Sekda, bisa buku yang sifat dongeng serta punya arti dan hikmah, sehingga bisa menjadi pegangan dan pedoman hidup anak-anak, agar mereka tidak menjadi sombong dan semakin rajin belajar.

Baca Juga :

‎"Mari galakkan Gernas BAKU, mari kita biasakan membacakan buku untuk anak-anak kita," harap Abdul Haris.

"Setidak-tidaknya setiap hari kita punya waktu untuk mereka, sehingga terjalin juga hubungan emosional, serta hubungan baik antara orang tua dan anak dalam hal pembinaan," kata Sekda lagi.

Di Sosialisasi Gernas BAKU di TK Negeri Pembina Rohul, para orang tua diberikan kesempatan membacakan buku ke anaknya. Sekda juga membacakan dongeng kebanaknya di acara tersebut.‎ (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda