Bupati Sukiman Motivasi Anak-anak Dilapak Baca Gratis

30 Jan 2019, 13:29:29 WIB

By Ari Fijri

Bupati Sukiman Motivasi Anak-anak Dilapak Baca Gratis
Bupati Sukiman saat menghadiri acara Lapak Baca Gratis di Taman Kota Pasir Pengaraian

PASIR PENGARAIAN, Rohultoday.ID  - Main game bagi sebagian anak-anak merupakan hal yang wajar. Namun, bagi orang tua harus bisa meminimalisir dampak negatif dari kemajuan dunia digital.

Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan kecanduan game online adalah menurunnya minat baca bagi anak-anak.

Menyadari hal itu, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Minggu (27/1/2019), tinjau kegiatan Lapak Baca Gratis yang digelar oleh Pengiat Literasi Rokan Hulu pada kegiatan Minggu Sehat di Taman Kota Pasir Pangaraian.

Kelompok pengiat Literasi yang digawangi Rumah Baca Nugroho dan Forum Lingkar Pena (FLP) Kabupaten Rohul yang merupakan bentuk gerakan moral upaya meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak.

Dari kegiatan itu, mendapatkan perhatian masyarakat terutama mereka yang suka membaca. Bahkan Bupati Rohul H. Sukiman bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris, S. Sos, M. Si, Camat Rambah El Bizri, Lurah Pasir Pangaraian Mukhlis SE, Sekretaris Dinas Sosial Rohul April Liyadi, SE, M.si juga ikut hadir dalam kegiatan itu.

Disela-sela peninjauanya, Bupati H. Sukiman memberikan motivasi ke anak-anak. Dirinya juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.

"Kita berterima kasih, atas inisiatif membuka lapak baca gratis kepada rumah baca Nina, Rumah baca Nugroho, FLP Rokan Hulu, semoga ke depan menimbulkan hasil yang baik buat Kabupaten Hokan Hulu dan secara umum untuk Indonesia," kata Sukiman.

Sebut Sukiman, kegiatan Rumah Baca Nugroho yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ahad sehat  di taman  kota Pasirpengaraian sangat positif dan bermanfaat untuk menumbuh kembangkan minat baca pada grnerasi muda dan anak.

Baca Juga :

“Kegiatan ini  memberikan edukasi tentang perlunya memiliki pengetahuan dan wawasan, menghindarkan anak dari kebiasaan menggunakan permainan, yang berbasis elektronik dan mencintai buku, memberi wawasan kea orangtua agar dapat memilih kegiatan yang tepat untuk mendidik anak," imbau Sukiman.

Sekretaris Dinas Sosial April Liyadi menyatakan, penggunaan gadget  ke anak, memang harus dibatasi. Melalui kegiatan Lapak Baca ini bisa menjadi sarana untuk mengalihkan perhatian anak-anak bermain gadget.

"Sangat bermanfaat mengalihkan perhatian anak dan orang tua sejenak dari gadget, menambah wawasan dan pengetahuan yang tidak didapatkan di sekolah melalui buku-buku yang disajikan," kata April. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda