Vicon Dengan Gubri, Bupati Sukiman dan Forkompinda Rohul Laporkan Progres Penanganan COVID 19 di Roh

31 Mar 2020, 16:24:20 WIB

By Aufaa FR

Vicon Dengan Gubri, Bupati Sukiman dan Forkompinda Rohul Laporkan Progres Penanganan COVID 19 di Roh
Bupati Sukiman bersama Sekda dan pejabat Forkompinda, melaporkan progres penanganan COVID 19 ke Gubri saat Vicon dengan Bupati/Wali Kota beserta Forkopimda se-Riau.

PASIR PENGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman bersama Sekda Abdul Harus dan seluruh pejabat Forkompinda, melaporkan progres penanganan COVID 19 ke Gubernur Riau (Gubri) saat  Video Conference (Vicon) dengan Bupati/Wali Kota beserta Forkopimda se-Riau.

Dalam laporannya, Bupati Sukiman melaporkan perkembangan dan progres penanganan Covid-19 di Kabupaten Rohul. Diakuinya, pihaknya sudah melaksanakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bekerjasama dengan Forkompinda dan Dinas terkait sesuai instruksi Pemerintah Pusat dan Pemprov.

"Pemkab Rohul sudah bekerjasama dengan pihak Kepolisian, TNI, dan dinas terkait lainnya. Kami sudah melaksanakan upaya ini sesuai petunjuk dan aturan dari Pemerintah Pusat dan Pemprov," kata Sukiman ke Gubri, dalam vicon Senin (30/3/2020) di rumah dinas Bupati Rohul, didampingi Sekda Abdul Haris, Kapolres, Kajari Rohul, Dandim 0313/KPR, para kepala OPD, Direktur RSUD Rohul, Kepala Bulog Perwakilan Kmapar- Rohul, juga Kadis Infokom Rohul.

Bupati Sukiman juga melaporkan ke Gubri, terkait jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.044 dan 4 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) untuk di Rohul.

"Data 1.044 ODP berasal dari Pemrpov, DKI Jakarta dan Malaysia. Kemudian PDP 4 orang ini berasal dari Kecamatan Tambusai, Ujung Batu, Kunto Darussalam dan Rambah, orang yang kategori PDP itu bukan berarti orang yang positif terjangkit Covid-19, karena yang Positif Covid-19 di Rohul tidak ada," ungkap Bupati Sukiman.

Bupati Sukiman mengatakan, Pemkab Rohul bersama Forkompinda sudah lakukan berbagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, diantaranya telah melakukan Sosialisasi baik melalui Surat Edaran maupun media. Termasuk sosialisasi dan patroli serta pemeriksaan kesehatan di pintu masuk dari daerah perbatasan, Posko-posko yang sudah bangun di Simpang TB Tandun, Markas PMI, Posko Tambusai Barat berbatasan dengan Padang Lawas dan Posko di KM 40 Desa Mahato.

Sukiman juga mengaku, Pemkab Rohul sudah melakukan pergeseran anggaran yang saat ini dalam pembahasan bersama TAPD dan Gugus Tugas percepatan pencegahan Covid-19. Untuk beras dari bulog bantuan dari Pemprov Riau sebanyak 100 ton, akan dibagikan kepada yang sedang ODP sebanyak 10 Kg / KK.

Bupati Sukiman ke Media Center Rohul meminta agar masyarakat untuk tetap tenang dan sabar dalam menghadapi Covid-19 ini. Juga agar masyarakat tenang, jangan khawatir Covid-19 ini ada obatnya, yang paling penting kita harus taat melaksanakan instruksi Pemerintah, seperti diam dirumah, jaga jarak, pakai masker, handsanitizer dan biasakan hidup sehat dan bersih serta hindari keramaian, jika itu dilakukan insyaallah aman.

Baca Juga :

Vico dengan Gubri dipimpin langsung Bupati Rohul H. Sukiman, dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Dirut RSUD Rohul dr Novel Raykel Kasat Pol PP dan Damkar Ridarmanto serta Bulog. 

Di Vicon itu, Gubri Syamsuar meminta ke Pemkab agar membentuk gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 dan mengikutsertakan Forkompinda dan dinas terkait.

Gubri Syamsuar juga menghimbau ke Pemkab,  harus memberikan insentif untuk tenaga medis. Sementara untuk menjaga kebutuhan logistik di daerahnya, Gubri meminta ke Pemkab untuk terus memantau ketersediaan stok pangan didaerahnya masing-masing. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda