Lapas Kelas II B gelar Donor Darah, pemeriksaan TBC dan HIV

18 Mar 2019, 07:57:54 WIB

By Ari Fijri

Lapas Kelas II B gelar Donor Darah, pemeriksaan TBC dan HIV
Ilustrasi donor darah, Pemeriksaan TBC dan HIV

PASIR PENGARAIAN - Kepala Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian, M. Lukman dan karyawan lainnya, gelar donor darah serta pemeriksaan Tuberkulosis satu TBC dan HIV.

Kegiatan tersebut dipusatkan di kafe Lapas, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Dinas Kesehatan Rohul.

Dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi Palang Merah Indonesia, Rohul Dahnil, dan anggota lainnya Aceng Herdiana, Heri Genora dan Adkha Dartina, kegiatan dimulai pada Jumat (15/3/2019) pagi.

BACA JUGA : Pemkab Akan Lunasi Tunda Bayar Bagi Hasil PBB P2 2017-2018

DIawali dengan senam sehat massal, bersama dengan semua staf Lapas Kelas II B, juga dihadiri oleh KPLP Pelit HS. SH. M.Si, pejabat di jajaran Lapas, setelahnya baru dilanjutkan donor darah dan pemeriksaan TBC dan HIV.

"Dari kegiatan yang kami lakukan, kami mendapatkan 23 kantong darah, hasil donor dari karyawan kami, termasuk sejumlah karyawan BRI. Kami berterima kasih kepada PMI dan Dinas Kesehatan Rohul, yang telah membantu dan memfasilitasi kami sampai kegiatan berjalan dengan baik, "kata Kalapas, M. Lukman.

Kalapas berharap dengan kegiatan ini nantinya bisa membantu orang yang membutuhkan darah. pada saat yang sama, kegiatan-kegiatan dilakukan bersamaan dengan Peringatan HUT ke-55.

BACA JUGA : Pukat Ikan Tak Pulang, 2 Pria Ujungbatu Hanyut di Sungai Rokan

Baca Juga :

"Kegiatan ini masih merupakan rangkaian HUT ke-55, dan pada saat yang sama kami memeriksa TBC dan HIV. Kemudian, donor darah yang kami juga melakukan kegiatan rutin kami adalah dua kali setahun, dengan donor darah kami juga akan lebih sehat," dia berkata.

Kasi Pemberantasan Penyakit Menular, Kantor Kesehatan Rohul, Irma Damilius S. Km mengatakan bahwa mereka hanya memfasilitasi kegiatan Lapas dengan PMI. Kemudian, pada saat yang sama dalam kegiatan pemeriksaan dahak dilakukan untuk mengetahui apakah TBC dan sampel darah memastikan bahwa ia bebas dari HIV.

"Intinya, melalui kegiatan yang kita laksanakan ini, pihaknya juga mendukung program pemerintah untuk memberantas TBC termasuk HIV. Dengan begitu, kegiatan yang kita lakukan akan bermanfaat nantinya," harap Irma. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda