Asap Bunuh 3,3 Juta Orang Per Tahun di Dunia

19 Sep 2015, 15:27:44 WIB

By Aufaa FR

Asap Bunuh 3,3 Juta Orang Per Tahun di Dunia
Ilustrasi Bencana kabut asap

Rohultoday.com - Bencana asaap yang menyebabkan polusi udara telah membunuh 3,3 juta orang per tahun di seluruh dunia. Dunia pertanian memainkan peran besar dalam menghasilkan kabut asap, tak terkecuali asap di negara-negara industri.

Para ilmuwan di Jerman, Siprus, Arab Saudi dan Harvard University menyatakan, ini merupakan jumlah minimal. Jika kebiasaan pembakaran lahan dan industri tak dikurangi, total kematian tahunan menjadi dua kali lipat, yaitu menjadi sekitar 6,6 juta per tahun pada 2050.

"Menurut hasil penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Nature, disebutkan, sekitar tiga perempat kematian terjadi akibat stroke dan serangan jantung," ujar Jos Lelieveld dari Institut Max Planck, Jerman.

Jumlah kematian di Tiongkok paling tinggi, yaitu hampir 1,4 juta kematian per tahun, diikuti oleh India dengan 645.000 kematian, dan Pakistan dengan 110.000 kematian per tahun.

Amerika Serikat sendiri tercatat 54.905 kematian di 2010 akibat asap pembakaran dan industri. AS menempati peringkat ketujuh tertinggi untuk kematian akibat polusi udara.

(fadh)
beritasatu.com

Rekomendasi Untuk Anda