Adam Safaat Reses di Suka Damai, Siap Perjuangkan Pembangunan Rohul Melalui DPRD Riau

19 Des 2019, 08:13:07 WIB

By Ari Fijri

Adam Safaat Reses di Suka Damai, Siap Perjuangkan Pembangunan Rohul Melalui DPRD Riau
Anggota DPRD Riau dapil Rohul, Adam Syafaat, didampingi Kades Suka Damai, Kecamatan Ujung Batu, Rohul, saat reses perdana di kantor Desa Suka Damai.

UJUNG BATU -‎ Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Adam Syafaat MA, siap memperjuangkan pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui aspirasi di DPRD Riau.

Itu dikatakan Adam Syafaat, saat reses di halaman kantor Desa Suka Damai, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rohul, Selasa (17/12/2019).

Adam Syafaat, anggota DPRD Riau dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mendengarkan aspirasi masyarakat Desa Suka Damai. Mulai dari peningkatan jalan lingkar di Durian Sebatang, tonggak jembatan Sungai Rokan yang sudah tua, turap sungai Rokan, dan rumah layak huni.

Dikatakan Adam, untuk perbaikan tonggak jembatan dan jalan lingkar di Ujung Batu sudah menjadi kewenangan Pemprov Riau. Sedangkan masalah turap di sungai Rokan menjadi kewenangan‎ Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) sebagai perpanjangan dari Kementrian Pekerjaan Umum, karena sungai ini masuk kategori sungai besar.

"Sebagai anggota DPRD Riau prmilihan Rohul, tetunya kita akan berupaya, agar aspirasi yang disampaikan masyarakat bisa terakomodir," kata Adam.

Dirinya juga katakan bahwa telah memperjuangkan 72 unit rumah layak huni yang rencananya akan dibangun dengan dana bersumber dari APBD Riau 2020, dan akan dibangun di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rohul.

Untuk pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana di SMA atau SMK, diakui Adam, usulannya dicoret oleh Pemprov Riau, namun dirinya akan tetap memperjuangkannya.

Sikapi pernyataan Adam Syafaat, Kepala Desa Suka Damai, Afrizal mengaku, bahwa banyak aspirasi yang disampaikan oleh masyarakatnya, pertama soal jembatan sungai Rokan yang sudah berusia lebih dari 30 tahun, hingga menyebabkan ketahanan tonggak di pangkal jembatan‎ dikhawatirkan ambles.

Baca Juga :

"Itu sudah beberapa kali kami usulkan ke kabupaten, jadi karena tanggung jawab provinsi maka pada kesempatan ini kebetulan ada anggota DPRD Provinsi (Riau) ya kami mengusulkan itu," kata Afrizal

Sedangkan Turap sangat membahayakan sekitar seratus rumah masyarakat Desa Suka Damai yang terancam ambruk ke aliran sungai Rokan dan rawan longsor terutama di musim hujan.

"Berharap ke provinsi itu bantu kami warga Suka Damai ini untuk pembangunan tebing pengaman (turap) di sungai Rokan,"‎ harapan Afrizal

Di tahun ini, Desa Suka Damai mendapat bantuan dari APBD Provinsi Riau sebesar Rp2,6 miliar, yaitu untuk pembangunan sarana dan prasarana, seperti drainese, parit dan lampu.

Namun Kades Suka Damai berharap di daerah ini juga dibangun ruang terbuka hijau dan permainan anak-anak, sehingga daerah tersebut bisa dijadikan agrowisata.‎ (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda