Ada Apa Dengan Batas Rohul Padang Lawas Akhirnya Sudah Terjawab : Sukiman Tapal Batas Kembali Ketiti

08 Sep 2022, 09:53:27 WIB

By Paw

Ada Apa Dengan Batas Rohul Padang Lawas Akhirnya Sudah Terjawab : Sukiman Tapal Batas Kembali Ketiti


Rohul Today - Terkait tapal batas antara Kabupaten Rokan Hulu, Riau dengan Kabupaten Padang Lawas Sumatra Utara (Sumut) yang sebelumnya mencuat akhir sudah terjawab dan titik tapal batas kembali ketitik awal yang sebelumnya bergeser hingga separuh desa tambusai barat.

Hal tersebut  berdasarkan berita acara kesepakatan bernomor 01/BAD I/VIII/2022, ada tiga poin yang disetujui oleh seluruh tim dari PBD Pusat, PBD Sumut, PBD Riau, PBD Kabupaten Padang Lawas, dan PBD Rokan Hulu di hotel Best Westem jakarta rabu 24 agustus 2022.

Bupati rokan hulu, Sukiman mengungkapkan  sengketa perbatasan antara Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dengan Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumut akhirnya menemui titik terang. 

Sebanyak 11 titik koordinat yang bergeser di Rokan Hulu akhirnya bisa dikembalikan setelah ada finalisasi di Kemendagri pada 24 Agustus 2022 lalu di Jakarta. 

Sukiman saat diwawancara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul pada Rabu (7/9) mengatakan, 11 titik koordinat tersebut berada di Desa Tambusai Barat di Rokan Hulu yang berbatasan dengan Desa Sungai Korang di Padang Lawas, Sumut sudah berhasil dikembalikan ke wilayah Rokan Hulu. 

"Sebelumnya kan masuk ke dalam wilayah Padang Lawas semua dari 11 titik koordinat tersebut. Setelah ada finalisasi, semuanya kembali masuk ke dalam wilayah Rokan Hulu," beber Sukiman. 

Tiga poin itu adalah, pertama, 11 titik koordinat batas daerah itu kembali pada lokasi semula. 

Kedua, masing-masing pihak sepakat untuk melakukan perubahan pada Pasal 2 Huruf am Permendagri Nomor 18/2019 tentang Batas Daerah Padang Lawas dengan Rokan Hulu dengan menambahkan 11 titik koordinat itu kepada Rokan Hulu. 

Baca Juga :

" Ada Apa Dengan Batas Rohul Padang Lawas Sudah Terjawab " Sebut Sukiman.

Terakhir, berita acara itu ditandatangani oleh seluruh pihak terkait sebagai bukti telah disepakatinya pergeseran lokasi titik koordinat dimaksud. (Adv/ pemkab rohul)

Tag :

Rekomendasi Untuk Anda