300 Personel BKO Polda Riau turut Amankan Pemilu 2019 di Rohul

26 Mar 2019, 14:10:53 WIB

By Ari Fijri

300 Personel BKO Polda Riau turut Amankan Pemilu 2019 di Rohul
Pasukan BKO Polda Riau

PASIR PENGARAIAN - Diperkirakan 300 petugas Kepolisian Riau akan dikerahkan untuk ikut serta dalam pemilihan umum di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada 17 April 2019 mendatang.

Demikian disampaikan Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua SIK, M.Si, saat memimpin Pasukan Gelar Apel dalam rangka PAM menghadapi Pemilu 2019 dengan tema "Meningkatkan Sinergi TNI-Polri dengan Komponen bangsa lainnya, untuk Mewujudkan Kamdagri Konduktif ", di Taman Kota Pasir Pengaraian, Jumat (22/3/2019).

Di Aple Gelar Pasukan, ratusan peserta berpartisipasi, seperti TNI dan Polri, Satpol PP dan Damkar, Layanan Kesehatan, Layanan Transportasi, Perlindungan Masyarakat, Senkom, anggota KPPS, Pemuda Pancasila, dan organisasi masyarakat lainnya.

Baca Juga : Sekda Buka MTQ Tambusai Utara, Bupati Sukiman buka MTQ Tingkat 19 Bangun Purba

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, Ketua M.Lukman, Ketua Ketua KPU Bawaslu Fajrul Islami Damsir, ketua partai politik, dan sejumlah OPD Kepala Pemerintahan Kabupaten Rohul.

Setelah apel, Polres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua, mengungkapkan bahwa keamanan Pemilu 2019 di Kabupaten Rohul akan melibatkan sebanyak 300 personil polisi di jajaran kantor polisi Rohul.

Ratusan personel polisi juga akan dikerahkan untuk mengamankan kampanye terbuka yang akan dimulai pada 24 Maret 2019.

Baca Juga : Di Rohul, 5 titik Hotspot Terpantau Minggu ini

Baca Juga :

"Sedangkan untuk Hari Pemilihan H pada 17 April 2019, akan ada tambahan 300 personel dari BKO Kepolisian Daerah Riau," kata Kapolres Rohul.

Dia mengakui, ada sejumlah kerentanan pemilu yang memiliki potensi dan perlu diantisipasi, termasuk di Kabupaten Rohul, seperti masalah SARA, berita Hoax, dan bentrokan massal.

"Kami telah memetakan titik kerentanan dan itu akan menjadi titik pemantauan keamanan," jelas AKBP M. Hasyim Risahondua

Dalam mandatnya, Kepala Kepolisian RI Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua membacakan pesan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan yang mengatakan pemilu 2019 merupakan tonggak penting dalam sejarah demokrasi di Indonesia, karena ada lima jenis pemilu yang diadakan dalam satu pemilihan tahun ini.

Menteri Koordinator Politik dan Keamanan menyatakan, kerentanan yang akan dihadapi dan perlu diantisipasi adalah berita hoax di media sosial, isu SARA, dan politik uang atau politik uang.

Kemudian, secara Nasional, kata Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, untuk keamanan Pemilu 2019 di negara itu akan melibatkan sekitar 453.133 personel TNI-Polri. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda