10 Warga Rohul Positif Terinfeksi DBD

30 Jan 2020, 08:45:09 WIB

By Ari Fijri

10 Warga Rohul Positif Terinfeksi DBD
Infeksi Demam Berdarah Deague (DBD)

PASIR PENGARAIAN - Sepanjang bulan Januari 2020 terdata 10 warga di Rokan Hulu (Rohul) positif terinfeksi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu disampaikan Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Rohul dr Darmadi Lubis, Rabu (29/1/2020).

Diakui Darmadi, data tersebut dihimpun dari seluruh unit instalasi medis yang ada di Rohul secara terpadu sepanjang bulan Januari 2020.

"Seluruh data tersebut bersumber dari seluruh instalasi kesehatan yang ada di Rohul direkap secara berkala," jelasnya.

Ditambahkan Darmadi, bagi penderita DBD tersebut berasal dari segala rentang usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Daerah rawan DBD di Rohul masih di dominasi di Kecamatan Rambah.

"Curah hujan yang cenderung tinggi menyebabkan penyakit DBD masih potensial menyerang masyarakat luas," sebutnya.

Darmadi mengimbau, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang segala wadah yang dapat menampung air sehingga bisa meminimalisir perkembangan jentik nyamuk.

"Kemudian masyarakat juga disarankan, untuk menggunakan bubuk Abate guna membunuh jentik nyamuk. Bubuk tersebut gratis dan bisa didapatkan secara bebas di puskesmas-puskesmas terdekat ," imbaunya.

Baca Juga :

Pada tahun 2019 sebut Darmadi, angka penderita DBD di Rohul mencapai angka 232 warga terinfeksi. Berharap, dengan membiasakan bergotong royong dapat mengurangi dampak resiko terkena gigitan nyamuk penyebab DBD.

"Bila lingkungan bersih, kemungkinan untuk terkena gigitan nyamuk penyebab DBD juga menjadi semakin kecil. Itu yang kita harapkan dari semangat bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing," harapnya. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda