Warga Rohul Saksikan Gerhana Matahari Cincin

27 Des 2019, 10:46:39 WIB

By Ari Fijri

Warga Rohul Saksikan Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin

PASIR PENGARAIAN - Fenomena‎ alam gerhana matahari cincin (GMC)‎, jelas terlihat dari Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Kamis (26/12/2019) siang.

Fenomena langka ini jadi tontonan warga Negeri Seribu Suluk. GMC sangat menarik melihatnya, bukan hanya pakai kaca mata hitam, bahkan ada yang memakai kaca riben yang biasa dipakai pekerja bengkel las.

"‎Seumur hidup baru dua kali saya melihat fenomena gerhana matahari cincin seperti ini," kata Merry, warga Pasir Putih Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Gerhana matahari cincin tampak jelas sekitar pukul 12.10 WIB. Matahari terlihat seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan sangat tampak terang menyala di bagian tengah serta di bagian pinggirnya, sehingga sangat menyilaukan mata.

Gerhana Matahari Cincin sendiri terjadi saat ‎matahari, bulan, dan bumi tepat berada pada satu garis. Saat itulah piringan bulan yang terlihat dari bumi lebih kecil dari pada piringan matahari.

Saat terjadi fenomena GMC, Menariknya bayangan daun-daun pepohonan yang berada di aspal ruas jalan Tuanku Tambusai Pasir Putih tampak seperti sisik ular.

Hal itu menjadi pemandangan menarik bagi warga dan pengguna jalan yang sedang lalu lalang. (Fjr)

Baca Juga :

Rekomendasi Untuk Anda