SPKS Rohul Gelar Focus Group Discussion Forum Multistakerholder Perkebunan

23 Des 2019, 14:54:21 WIB

By Ari Fijri

SPKS Rohul Gelar Focus Group Discussion Forum Multistakerholder Perkebunan
SPKS Rohul Gelar Focus Group Discussion Forum Multistakerholder Perkebunan

PASIR PENGARAIAN - Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar pertemuan Focus Group Discussion Forum multistakerholder perkebunan sawit berkelanjutan, dibuka Asisten III Dipendri, senin (23/12/2019) di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian

Kegiatan ini turut melibatkan unsur pemerintah Rohul OPD terkait, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas lLngkungan Hidup, Disnaker, Disperindag, BPNHTR, KPH Rokan, serta pihak perusahaan yang ada dirohul terutama para petani.

Ketua SPKS Rohul, Yusro Fadli mengatakan, tujuan forum multistakerholder tersebut ingin memiliki satu visi karna kabupaten Rohul yang merupakan kabupaten paling luas perkebunan sawitnya di Provinsi Riau bahkan Indonesia.

"Kita ketahui, sekitat seperempat dataran di Riau adalah perkebunan sawit. Jadi sekitar 530 ribu lebih hektar ada di Rohul baik itu perusahaan atau milik petani seorangan," kata Fadli.

Sebut Fadli lagi, Rohul adalah kabupaten pertama yang menindak lanjuti Inpres no. 6 tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) perkebunan sawit berkelanjutan di Indonesia.

Penekanannya bertujuan terkait dengan inti sawit kedepannya seperti apa perkebunan sawit yang sebenarnya dengan yang dikatakan tadi sawit yang berkelanjutan itu sawit yang ramah sosial, ramah ekonomi dan ramah budaya.

"Harapan saya, stop luasnya namun kita tingkatkan produksi hasilnya artinya jangan buka lagi lahan sawit sementara lahan sawit yang ada tidak kita bina dan berdayakan," tegasnya. (Fjr)

Baca Juga :

Rekomendasi Untuk Anda