Pakai Sepatu Boat, Bupati Sukiman Pantau Banjir di Pawan dan Salurkan Bantuan

26 Nov 2019, 09:59:30 WIB

By Ari Fijri

Pakai Sepatu Boat, Bupati Sukiman Pantau Banjir di Pawan dan Salurkan Bantuan
Bupati Rohul H. Sukiman, salurkan berbagai bantuan ke warga korban banjir Pawan Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah.

PASIR PENGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Senin (25/11/2019) pagi, pantau masyarakat serta kawasan pasca banjir di Pawan Desa Rambah Tengah Hulu (RTH) Kecamatan Rambah. 

Dalam peninjauan itu, Bupati juga menyalurkan bantuan ke warga yang terkena banjir.

Bupati bersama rombongan pengurus dari Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul, Sekretaris BPBD Rohul, pihak Disos P3A Rohul, Kepala Dinas PUPR Anton, Kadishub Andianto, Camat Rambah Fatahnalia Putra, Kades RTH Adlles, serta perangkat desa RTH, dan ratusan masyarakat.

Kenakan sepatu Boat, Bupati turun langsung ke genangan air sisa-sisa banjir akibat luapan sungai Pawan yang sempat merendam 200 lebih rumah warga yang berada bederkatan dengan sungai.

Secara simbolis, Bupati Sukiman menyerahkan bantuan 100 paket sembako dari PMI Rohul terdiri 5 kg beras,1 kg mintaj goreng, 1 kg gula pasir, 6 bungkus mie instant. Juga ada bantuan makanan tambahan untuk balita 168 bungkus dan untuk ibu hamil 60 kotak.Selain itu, bantuan Disos P3A berupa Mie instant, minyak goreng, sarden dan air mineral ditambah dari BPBD Rohul Family Cid.

Diskes Rohul bekerjasama UPTD Puskesmas Rambah, juga membuka posko pengobatan gratis bagi masyarakat Pawan pasca banjir.

Bupati menginggatkan seluruh masyarakat Rohul yang bermukim di tepian sungai, agar selalu waspada terhadap bencana banjir, karena saat ini tingginya curah hujan di Rohul yang bisa menyebabkan banjir kapan saja terjadi.

"Masyarakat agar selalu waspada, karena banjir bisa datang kapan saja, terutama warga yang bermukim di tepian sungai di Rohul ini," imbau Bupati.

Baca Juga :

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Sukiman bersama Kadis PUPR Anton, melihat kondisi jembatan Pawan pasca banjir. Bupati meminta Anton, untuk membangun turap disisu hulu san hilir jebatan Sungai Pawan, karena sebagian tanah warga sudah tergerus air banjir.

"Tolong nanti anggarkan, untuk bangun turap penahan tebing. Nanti rumah warga hanyut ke sungai, apalagi sisi bagian tepian sungai sudah abrasi terbawa arus sungai banjir," kata Bupati ke Anton.

Batuan yang disalurkan baik PMI,Disos, Diskes, BPBD sementara ditiitpkan di kantor desa RTH yang nantinya disalurkan pihak desa langsung ke warga korban banjir.

Sedangkan untuk jumlah bantuan, nantinya akan disesuaikan dengan jumlah warga Pawan yang jadi korban banjir, kini pihak desa dan BPBD masih mendata warga korban banjir Pawan. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Rekomendasi Untuk Anda