Literasi dan FTBM Taja Diskusi Awal 2020 Bersama Sekda Abdul Haris

13 Jan 2020, 12:11:20 WIB

By Ari Fijri

Literasi dan FTBM Taja Diskusi Awal 2020 Bersama Sekda Abdul Haris
Sekda H.Abdul Haris, foto bersama usai prlaksanwwn Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rohuk, saat Diskusi awal tahun 2020 ditaja Literasi dan FTBM Rohul

PASIR PENGARAIAN - Literasi dan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rokan Hulu (Rohul), taja diskusi awal tahun 2020 bersama Sekeretaris Daerah Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M. Si.

Acara tersebut digelar di Rumah Dinas (Rumdis) Sekda Rohul, Jalan Veteran Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Junat (10/1/2020) malam.

Dikegiatan itu, menghadirkan narasumber I yakni Sekda Rohul Abul Haris, narasumber II Yusro Fadli selaku Presiden Pegiat Literasi Rohul, narasumber III Nirma Herlina C.Ht, M.Pd Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rohul.

Peserta diskusi dari Unri, UPP, Ketua STKIP Rokania DR. Desmelati, ada dari SMP N 1 Rambah, TBM Awan, PKBM Zakiyah, SMA Muhamadiah, Komitas mendongeng, Komunikasi Pembaca, Komunitas Penulis Puisi dan Pembaca Buku dan lainnya yang hadir.

Dalam pemaparannya, nasasumber III Nirma Herlina saat ini Ketua FTBM Rohul, dengan singkat menceritakan terbentuknya Literasi Kabupaten Rohul, saat adanya lomba mewarnai. Sehingga saat itu terbentuk Literasi di Rohul pertama dipimpinnya dengan gelar "Ratu". Yang dilanjutkan Yusro Fadli terpilih menjadi Presiden Literasi Kabupaten Rohul.

"Di Rohul sudah mendapat donasi buku gratis dari Gramedia Pekanbaru di 14 taman baca. Untuk itu kami berharap juga ada yang bisa mendonasi buku layak baca untuk anak dari Pemkab Rohul kedepannya," katanya.

Dijelaskannya, saat ini Literasi Rohul perkembangannya sangat luar biasa, diantarannya selain sudah terbentuk beberapa Forum Taman Baca Masyarakat, juga sudah membuka Lapak Baca di Taman Kota Pesirpengaraian, pelatihan mendongeng, serta menulis buku dan puisi.

"Disetiap kegiatan kita di FTBM, para penggiat yang membawa buku bacaannya masing-masing, dengan tidak menyewakan kepada peminat yang datang untuk membaca," sebutnya.

Baca Juga :

Presiden Literasi Rohul Yusro Fadli mengatakan, pegiat Literasi menjadi sebuah wadah untuk memberikan semangat dan mengedukasi, bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga aplikasi dari nilai-nilai positif dari apa yang dibaca serta melalui program yang dilaksanakan.

"Termasuk kedepannya, Literasi Rohul akan menelusuri, menulis dibuku sejarah Kabupaten Rohul, berapa desa, Kecamatan, tentang sungai yang ada, budayanya, pariwisatanya serta lainnya yang bisa memajukan Kabupaten Rohul serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam, (SDA) dan lainnya," tutur Yusro Fadli

Sikapi acara yang ditaja Literasi dan FTBM Rohul, Sekda Abdul Haris sangat mendukung, karena pada kegiatanya sangat membantu program pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui membaca buku.

"Karena buku merupakan jendela dunia, sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca, kita akan tahu segalanya dan minat baca mesti ditumbuhkan sejak dini. Generasi muda merupakan modal utama pembangunan," kata Sekda Rohul.

Tambah Abdul Haris, dari Program Dinas Perpustakaan dan Arsip kedepannya bisa bersinergi dengan saling mendukung, karena kegiatannya sangat bagus dan positif menyetuh langsung kepada masyarakat.

"Kapanpun ada acara Literasi dan FTBM Rohul, seperti rencana di areal Pematang Baih, silahkan Pemkab Rohul tetap mendukung falitas juga sudah disediakan. Saya akan tetap datang bersama Bapak Bupati. Sehingga melalui kegiatan Literasi dan FTBM ini, mari kita memberikan yang terbaik bersama-sama untuk kemajuan Kabupaten Rohul yang sama-sama kita cintai ini kedepannya," harap Sekda. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda