Layanan Hemodialisa di RSUD Rohul baru dibuka Juli Mendatang

25 Jun 2019, 16:28:07 WIB

By Ari Fijri

Layanan Hemodialisa di RSUD Rohul baru dibuka Juli Mendatang
Layanan Hemodialisa RSUD Rohul

PASIR PENGARAIAN – Layanan Hemodialisa atau Cuci Darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rokan Hulu (Rohul) baru tersedia bulan depan.

Hal ini merupakan upaya RSUD untuk terus berbenah dengan melakukan terobosan dan inovasi baru dalam perluas pelayanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang berobat di rumah sakit kebanggaan masyarakat di Negeri Seribu Suluk.

Walaupun RSUD Rohul sudah meraih sertifikat akredetasi Madya, yang kelasnya menjadi rumah sakit bintang tiga dengan pelayanan standar Nasional.

Hal itu tidak membuat Direktur RSUD Rohul dr Novil merasa puas. Hal itu terbukti dari apa yang menjadi komitmen bersama dengan seluruh tenaga kesehatan, staf dan karyawan RSUD Rohul dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang terbaik.

Baca Juga : Kadiskes Rohul : Akhir 2019 semua Puskesmas sudah Terakreditasi

"Di pertengahan Juli mendatang sudah grand opening pelayanan Hemodialisa RSUD Rohul yang akan diresmikan Bupati Rohu H Sukiman,’’ kata Direktur RSUD Rohul Dr Novil Raykel, Senin (24/6/2019).

Novil juga mengaku, untuk beroperasinya layanan HD, pihak RSUD Rohul harus mendapatkan izin dari Pernefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) Sumatera Tengah.

‘’Direncanakan, Jumat (28/6/2019), RSUD Rohul juga akan melakukan penandatangan kesepatan MoU dengan Pernefri Sumatera Tengah di RSUP M Jamil Padang. Setelah itu, Tim akan melakukan visitasi pada unit pelayanan HD RSUD Rohul Gina melihat kelayakan dan akan dilanjutkan melihat kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan operasional HD di RSUD Rohul diawal bulan depan,’’ ucapnya.

Bahkan Novil mengaku optimis, pertengahan Juli mendatang, unit pelayanan HD RSUD Rohul telah dioperasionalkan. Dimana untuk SDM dan ruangan serta fasilitas layanan HD telah siap untuk melayani pasien HD di Kabupaten Rohul.

Baca Juga : Jelang HUT Kodam I/BB, Koramil 02, 08 dan 10 Gelar Donor Darah

Pihaknya sudah menunjuk Kepala Unit Layanan HD RSUD Rohul dr Efrianto Sp.PD, selain seorang dokter umum dan 3 orang perawat yang sebelumnya telah ikuti pelatihan khusus tentang unit layanan HD.

‘’Ruangan unit layanan HD telah tersedia, untuk peralatan RSUD Rohul melakukan kerjasama dengan HD B-Braun, dalam bentuk KSO dengan penyedian 4 unit tempat tidur pencucian darah dan sarana prasana lainnya,".

"Dengan dibukanya layanan HD, tentunya membantu pasien atau masyarakat yang selama ini melakukan cuci darah, tidak perlu lagi ke Pekanbaru, tapi bisa diunit HD RSUD Rohul,’’ katanya.

Selain perluasan dan inovasi pelayanan kesehatan, RSUD Rohul tahun ini melaksanaka program Smart Hospital dalam penggunaan informasi teknologi dalam mendukung keterbukaan informasi publik, dengan program sistim manajemen rawat inap (Simari).

Sehingga sebelum pasien dirujuk atau masyarakat dapat mengetahui secara langsung ketersedian tempat tidur dan dokter spesialiasi yang bertugas setiap hari di RSUD Rohul.

‘’Ditahun ini ada dua program peningkatan Layanan di RSUD Rohul yakni unit HD dan Smart Hospital yang terintegrasi secara keseluruhan untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit kebanggan masyarakat Rohul,’’ tutupnya. (Fjr)

Baca Juga :

Rekomendasi Untuk Anda