Loading...

KPU Rohul Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara, Peserta Pemilu Deklarasikan Sikap

SHARE
KPU Rohul Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara, Peserta Pemilu Deklarasikan Sikap

Ilustrasi rekapitulasi suara Pemilu 2019

PASIR PENGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (3/5/2019) kemarin, telah menetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Rohul.

Peserta dan Panitia Pemilu 2019 mendeklarasikan situasi aman dan kondusif pasca selesainya pelaksanaan Pemilu 2019 di Rohul, dan dilakukan sebelum penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu yang berlangsung Jumat hingga Sabtu (4/5/2019) dini hari kemarin, dipimpin Ketua KPU, Komisioner KPU, Bawaslu, Kapolres Rohul, saksi Presiden dan Wakil Presiden 01 dan 02, saksi Parpol, saksi DPD, dan petugas Pemilu.

Dalam deklarasi itu, peserta pemilu, penyelenggara dan stakeholder yang terlibat dalam pemilu 2019 menyatakan sikap untuk bersama-sama menjaga situasi aman dan kondusif. Para peserta pemilu baik saksi capres-cawapres, partai politik dan saksi DPD juga menyatakan siap menerima hasil keputusan KPI terkait hasil Pemilu 2019.

Kapolres Rohul AKBP Hasym Risahondua SIM. MM, mengapresiasi sikap dari perserta Pemilu yang berkomitmen menjaga suasana kondusif pasca Pemilu. Menurutnya, sikap yang ditunjukan peserta Pemilu di Rohul merupakan bentuk kedewasaan politik masyarakat, yang sebelumnya dipetakan masuk daerah zona merah kerawanan pemilu.

“Kami berbangga karena Pemilu berjalan kondusif, apalagi sebelumnya, Rohul bagian zona merah namun pada tahun ini Alhamduliha rohul dalam pelaksanaan belangsung aman dan lancar hingga pleno,” kata Kapolres. 

Ketua KPU Rohul Elfendri juga menyatakan, pelaksanaan pemilu 2019 di Rohul berlangsung aman dan lancar. Namun ada evaluasi pelaksanaan pemilu dikarenakan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 ini begitu berat dan banyak menyebabkan petugas yang sakit dan gugur.

“Ini adalah pemilu terberat bagi penyelenggara, tentunya kami berharap ada evaluasi karena singkatnya waktu yang diberikan kepada penyelenggara tidak sebanding dengan SDM dan kemampuan Fisik sehingga di Rohul ada juga petugas yang sakit dan meninggal dunia,” jelasnya.

Usai penetapan hasil rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat kabupaten, KPU Rohul selanjutnya akan membawa hasil rekaitulasi suara ke tingkat provinsi riau. Sementara untuk penetapan kursi DPRD kabupaten akan dilakukan usai selesainya proses gugatan di Mahkamah Konstitusi RI. (Fjr)