Loading...

Ini hasil rekapitulasi Pemilu Pilpres di Rohul, Prabowo Sandi Unggul 58,65 Persen

SHARE
Ini hasil rekapitulasi Pemilu Pilpres di Rohul, Prabowo Sandi Unggul 58,65 Persen

Ilustrasi Rekapitulasi Pilpres 2019

PASIR PENGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (3/5/2019) hingga Sabtu dini hari kemarin sudah resmi tetapkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Dari penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengungguli Paslon Petahana dengan 37 ribu suara.

272.903 suara sah, Prabowo Sandi raih 160.064 suara atau 58,65 persen, sedangkan Jokowi - Makruf Amin hanya meraih 122.839 atau 41,53 Persen suara. Partisipasi pemilih masyarakat Rohul dalam Pemilu presiden juga cukup tinggi yakni capai 86,73 persen.

KPU Rohul Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara, Peserta Pemilu Deklarasikan Sikap

Sedangkan di 16 kecamatan yang ada di Rohul, Prabowo-Sandi unggul di 12 kecamatan, masing-masing Kecamatan Kabun, Ujung Batu, Pagaran Tapah Darusalam, Rambah Samo, Rambah, Rambah Hilir, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Rokan IV koto dan Pendalian IV koto.

Sedangkan paslon Jokowi-Makruf Amin menang di 4 Kecamatan yakni, Kecamatan Tandun, Bonai Darusalam, Tambusai Utara dan kunto Darusalam. Menariknya, 4 Kecamatan yang dimenangi Paslon petahana merupakan kawasan perkebunan dan perusahaan kelapa sawit baik milik perorangan maupun BUMN.

Sikapi hasil Pemilu Pilpres di Rohul tersebut, tim Kampanye daerah Jokowi - Makruf Amin Hj. Sumiartini mengaku, mereka menerima dengan hasil tersebut.

Menurutnya, perolehan suara Jokowi - Makruf di Rohul, sudah melampaui ekspektasi dari TKD Rohul yakni di atas 40 persen. Meski demikian, TKD Rohul optimis, Pasanganya akan menang pada pemilu kali ini mengingat dari hasil Perhitungan Internal C-1 PDI-P, Quick Count dan Real Count KPU, Paslon 01 masih unggul jauh dibandingkan Paslon 02.

“Memang di Rohul dari awal kita prediksi akan berat mengingat serangan berita Hoax terhadap Pak Jokowi, namun kami puas hasilnya diatas ekspektasi kami yaitu di atas 40 persen. Namun kita dari TKD Rohul tetap tunggu hasil penetapan Nasional,” ucap kader PDI-P, Hj Sumiartini yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD Rohul di Pemilu legislatif kali ini.

Saksi Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Rohul Ahmad Hasanal, juga menyatakan puas dengan hasil yang didapatkan paslonnya pada Pilpres di Rohul. Menurutnya, hasil itu menegaskan harapan masyarakat Rohul untuk adanya perubahan khususnya di bidang ekonomi.

“Hasil ini menegaskan keinginan masyarakat rohul akan perubahan, kita perlu ingat di pemilu 2014 Rohul ini dimenangkan Jokowi, tapi Pemilu tahun 2019 ini Prabowo menang telak di Rohul,”  tegasnya. (Fjr)