Banyak Bacaleg di Rohul Tuliskan Gelar, Namun Tidak Melampirkan Ijazah Sarjana

SHARE
Banyak Bacaleg di Rohul Tuliskan Gelar, Namun Tidak Melampirkan Ijazah Sarjana

Ilustrasi persyaratan Bacaleg

Rohultoday.co, PASIR PENGARAIAN - Setelah proses pendaftaran 605 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 16 Partai peserta Pemilu 2019,‎ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) jadwalkan masuk tahapan verifikasi berkas dan syarat Bacaleg.

Dikatakan Ketua KPU Rohul Fahrizal ST, MT, KPU Rohul kemudian melakukan verifikasi terhadap berkas syarat Bacaleg, yang sudah didaftarkan 16 partai politik (Parpol).

Namun Fahrizal mengakui, bahwa masih banyak berkas syarat Bacaleg yang belum lengkap, dan harus dilakukan perbaikan serta dilengkapi seluruh Parpol yang sudah mendaftarkan Bacalegnya.

“Memang masih banyak Bacaleg yang didaftarkan Parpol ke KPU, syaratnya tidak lengkap. Kita sudah kirim ke Parpol masing-masing, untuk `dilengkapi syarat-syarat yang masih kurang," ungkap Fahrizal, Minggu 22/7/2018).

Juga disebutkan Fahrizal, bahwa banyak Parpol yang belum melengkapi syarat Bacaleg yang sudah didaftarkan sebelumnya, emiisal ijazah Bacaleg dilampirkan namun tidak dilegalisir pihak berwenang.

Kemudian selain ijazah, KPU Rohul juga temukan masih ada Bacaleg yang belum melampirkan 3 jenis surat kesehatan, seperti surat kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba.

“Masih banyak Bacaleg yang belum melengkapi seperti surat keterangan dari pengadilan setempat, SKCK dan lainnya “ tambah Fahrizal.‎

“KPU Rohul, juga menemukan banyak Bacaleg yang mencantumkan gelar sarjana di namanya, namun tidak melampirkan  ijazah sarjananya, dan kebanyakan setingkat strata satu (S1), “

Fahrizal menyebutkan, bila Bacaleg bersangkutan tidak melampirkan ijazah sarjana yang sudah dilegalisir pihak berwenang, maka gelar sarjana dari Bacaleg dicoret, hanya ditulis nama saja.

"Bila tidak dilampirkan, maka akan kita coret gelarnya. Sesuai peraturan, itu ijazah setingkat SLTA yang harus ada atau wajib," ujarnya.

Ketua KPU Fahrizal mengimbau ke seluruh Parpol yang telah mendaftarkan Bacalegnya, agar segera melengkapi berkas syarat yang belum lengkap. Bila syarat tidak lengkap, maka seorang Bacaleg‎ bisa dicoret dari pencalonannya. (Ais)