2 Orang Maling HP di Kota Tengah ditangkap Polisi Rohul

30 Des 2019, 14:18:10 WIB

By Aufaa FR

2 Orang Maling HP di Kota Tengah ditangkap Polisi Rohul
Pencuri puluhan unit HP berhasil ditangkap Polisi

PASIR PENGARAIAN - Personel Polsek Kepenuhan bersama Tim Opsnal Polres Rokan Hulu (Rohul), berhasil ungkap pelaku pencurian puluhan unit hand phone (hp) berbagai merk di salah satu toko Ponsel di Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Tengah.

Kamis (26/12/2019)‎ sekira pukul 01.00 WIB, dua terduga pelaku pencurian, berinisial AD (21) penggangguran warga Kesra Desa Kepenuhan, Kecamatan Kepenuhan, dan rekannya FAP (22), berakhir di tangan Polis setrlah keduanya berhasil diringkus.

FAP sendiri, diketahui bekerja sebagai mekanik, warga Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Tengah ikut diciduk polisi karena diduga ikut membantu pelaku menjualkan handphone hasil curian.

Kapolres Rohul AKBP Dasmin Gintin S.IK, melalui Paur Humas Polres Rohul Ipda Feri Fadli SH mengatakan, kedua pelaku ditangkap karena diduga terlibat tindak pidana pencurian dengan pemberatan, serta pertolongan jahat membantu menjualkan hasil dari tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat).

Dari laporan korba Muhammad Abror (28) ke polisi,‎ pencurian hp di tokonya beralamat di Kota Tengah Kelurahan Kepenuhan Tengah baru diketahui Selasa (24/12/2019) sekira pukul 08.00 WIB.

‎Pada Senin (23/12/2019) sekira pukul 23.00 WIB, Efon Sufelah (28) sebagai saksi satu, dan Siti Hidayah (22 tahun) sebagai saksi dua, dimana keduanya warga Kelurahan Kepenuhan Tengah menutup counter ponsel milik pelapor M Abror.

Ke esokan harinya, Selasa (24/12/2019) sekira pukul 08.00 WIB, kedua perempuan kaaget saat membuka counter ponsel, karena banyak hp dagangan hilang.

Lantas Efon (saksi satu) menelepon pelapor M Abror, memberitahu bahwa banyak hp di tokonya hilang. Mendengar itu, pelapor langsung mengecek tokonya dan diketahui‎ ada bekas di dinding tokonya terbuat dari dinding seng bekas sudah dilubangi.

Baca Juga :

"Pelapor juga menemukan ada tangga kayu di dinding tersebut," sebut Ipda Feri Fadli, Kamis.‎

Dari pengecekan, pelapor mengetahui lebih dari 30 unit hp berbagai merk yang hilang dari tokonya, seperti merk Vivo, Hotwav, Realme,‎ Oppo, Samsung, Xiaomi, Sony, Zenfone, Nokia dan merk lainnya.‎

"Atas kejadian itu lalu korban atau pelapor mengalami kerugian lebih kurang Rp 70 juta, dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kepenuhan untuk ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Paur Humas.

Pasca laporan pelapor,‎ Rabu malam (26/12/2019) sekira pukul 22.00 WIB,‎ Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH mendapat informasi bahwa ada seorang pemuda inisial AD dan seorang temannya tengah menjual beberapa hp dicurigai hasil curian di toko handphone di Kota Tengah.

Dari informasi itu, AKP Dasril memerintahkan Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Kepenuhan melakukan penyelidikan dan diback up Tim Opsnal Polres Rohul, dan langsung dilakukan penyisiran di Pasir Pengaraian.

Kamis sekira pukul 01.15 WIB, Tim Opsnal dan personel Polsek Kepenuhan berhasil menangkap dua terduga pelaku, yaitu AD dan FAP yang sedang melintas di daerah Simpang Kumu Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir.‎

Hasil introgasi diketahui AD masuk ke counter ponsel pelapor M Abror dengan cara memanjat dinding samping counter untuk naik ke atas atap, selanjutnya dari sela atap masuk ke dalam counter.‎

"Setelah mengambil banyak hp, kemudian AD ini keluar melalui atap tempat masuknya tadi," ucap Ipda Feri lagi.

Pasca mencuri banyak handphone, pelaku AD‎ langsung pulang ke rumah dengan membawa semua handphone hasil curiannya. Dan ke esokan harinya, ia mulai menjual handphone hasil curian dibantu temannya inisial FAP.

Dari hasil penangkapan, tim gabungan dari Polsek Kepenuhan dan Tim Opsnal Polres Rokan Hulu menemukan sekira 36 unit hp berbagai merk yang diakui tersangka diambil dari counter ponsel milik pelapor M Abror.

"Kini kedua tersangka dan barang bukti sudah dibawa ke Polsek Kepenuhan untuk diproses lebih lanjut," terang Ipda Feri Fadli. (Fjr)

Rekomendasi Untuk Anda